Aksi Donor Darah Relawan RSD Wisma Atlet di PMI Jakarta Utara

  • Whatsapp

Oleh Red

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID.- Relawan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet menjalani aksi donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara, sebagai upaya penambahan stok darah, aksi relawan ini merupakan salahsatu tahapan seleksi sekolah calon bintara (Secaba) TNI Angkatan Laut Tahun 2020. Selasa (20/10).

Petugas Medis PMI Kota Jakarta Utara, dr Ulfa Suryani mengatakan, PMI Kota Jakarta Utara hadir 129 relawan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk menjalani aksi donor darah. Relawan tersebut merupakan petugas medis, perhotelan yang sedang menjalani tahapan seleksi Secaba TNI AL Tahun 2020.

“Pendonor yang berprofesi sebagai perawat dan tenaga perhotelan yang bertugas sebagai relawan di RSD Wisma Atlet. Mereka juga sedang menjalani tahapan seleksi Secaba TNI AL,” kata dr Ulfa saat ditemui di Kantor PMI Kota Jakarta Utara, Selasa (10/10).

Dijelaskannya, aksi donor darah ini memiliki arti nilai baik bagi PMI Kota Jakarta Utara maupun peserta donor. –dirilis.utara.jakarta.go.id.

Aksi ini dapat menambah ketersediaan stok darah bagi PMI Kota Jakarta Utara, sedangkan peserta dapat mengetahui hasil deteksi dini penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga Sifilis.

“Aksi donor darah ini win-win solution (saling menguntungkan). Kami, PMI merasa terbantu ketersediaan stok darahnya. Apalagi semasa pandemi Covid-19 ini kami hanya mendapatkan sekitar 1.000-2.000 kantong darah per bulan dari normalnya sekitar 7.000 kantong darah per bulan. Sedangkan peserta dapat mengetahui hasil deteksi dini penyakit yang bisa diketahui dari darah,” jelasnya.

Relawan asal Medan, Sumatera Utara, Yeni Sandriani (22) katakan, donor darah ini merupakan aksi kemanusiaan yang sangat mulia. Menambah ketersediaan stok darah bagi pasien yang membuthkannya apalagi jika dalam keadaan darurat.

“Donor darah ini sangat baik. Membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah dalam keadaan darurat. Ini donor darah yang kelima kali saya lakukan saat di Medan,” tutupnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *