Alexa Dot Com Tutup Bulan Mei 2022

Oleh : Tim

JAKARTA, AMUNISINESW.CO.ID – Bagi pengguna internet, khususnya para pembuat blog atau website pasti mengenal yang namanya Alexa.com sebuah perusahaan penyedia lalulintas (traffic) web yang diakuisi oleh Amazon pada tahun 1999.

Bacaan Lainnya

Namun sayangnya perusahaan tersebut akan tutup pada 1 Mei 2022 nanti dan sampai berita ini dirilis, belum ada kejelasan serta alasan terkait rencana penutupan perusahaan tersebut.

Alexa didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada tahn 1996 dan nama tersebut diambil dari nama Alexandria, sebuah perpustakaan besar di California, Amerika Serikat.

Amazon sebagai perusahaan teknologi multinasional melihat potensi Alexa dan pada tahun 1999 akhirnya Amazon  mengakuisisi Alexa. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa kemudian dikembangkan sehingga mampu mengumpulkan data para pengguna internet yang berselancar di situs atau website. Dan semua data para pengguna internet tersebut masuk ke bank data Alexa.

Alexa menyimpan semua data mengenai traffic pengguna internet saat mengunjungi sebuah situs atau web. Dan pengguna Alexa dapat mengetahui perusahaan yang sedang dicari berada di urutan berapa, sesuai jumlah pengunjungnya. Selain itu, siapapun pengguna internet dapat melihat tren grafik pencariannya dalam beberapa waktu terakhir.

Dengan lalu lintas data yang terekam, banyak perusahaan yang menggunakan Alexa sebagai tolok ukur untuk riset konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi hal lainnya yang berkaitan dengan data situs web di seluruh dunia.

Sejak 8 Desember 2021Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru. Mengutip bleepingcomputer.com, berdasarkan data Semrush, platform SaaS manajemen visibilitas online, lalu lintas organik Alexa.com terus menurun dan ada kemungkinan inilah yang menjadi penyebab penutupan Alexa oleh perusahaan milik Jeff Bezos itu, mengingat saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan penyedia layanan informasi traffic.

Keterangan akan ditutupnya Alexa.com tertulis secara gamblang dan terbuka, berikut keterangan yang ditulis pihak Alexa.

Kami akan menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022
Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya utama Anda untuk riset konten, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan banyak lagi.

Kami bangga melayani Anda sebagai pelanggan.

Terima kasih dengan tulus,

Tim Alexa.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.