Angkut Barang Minerba Tanpa Memiliki Dokumen, Kedua Orang Ini  Menjadi Tersangka

  • Whatsapp

IMG-20170906-WA0035

PANGKALPINANG, AMUNISINEWS.COM—-Suparman dan Zulkifli yang berprofesi sebagai sopir truk sudah dijadikan tersangka oleh Penyidik Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dikarenakan keduanya tertangkap tangan mengangkut batu jek atau batu besi tanpa dokumen.

Dikatakan oleh Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mu’nim, kedua orang sopir yang berprofesi sebagai sopir ini ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan pemeriksaan oleh saksi ahli terhadap barang yang diangkut,

” hasil dari pemeriksaan ahli yang terjun langsung ke lapangan, diketahui bahwa batu besi itu merupakan mineral tambang (Minerba), jadi  harus dilengkapi dengan dokumen yang sah , ” ungkap Kabid Humas kepada wartawan, Rabu(06/09/2017).

Mun’in  juga menyebutkan, untuk kedua orang supir yang telah ditetapkan tersangka oleh Penyidik saat ini sudah di tahan di rutan Mapolda Babel berikut barang bukti,
“Dan barang bukti berupa 2 (dua) unit Truck BG-8385-AO bermuatan 8 Ton Besi Jek dan BN-4160-CN bermuatan 6 Ton Besi Jek sudah dititipkan di Rupbasan Pangkalpinang sejak 31 Agustus 2017 lalu dan juga kedua tersangka sudah ditahan di Mapolda Babel”, sebutnya.
Lebih lanjut Mun’in katakan lagi, Saat proses penyelidikan kasus pengangkutan batu jek ini ,kemarin memang belum dipublish oleh Humas Polda Kep Babel dikarenakan khawatir akan mengganggu proses penyelidikan.

” Namun setelah kasus tersebut naik status dari penyelidikan menjadi penyidikan dan sudah ada tersangkanya barulah kita publikasikan, ” katanya.

Kemudian Mun’in tambahkan,  atas perbutannya mengangkut barang minerba tanpa memiliki dokumen kedua orang tersangka akan dikenakan pasal 161 dan atau 158 UU RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 10 Tahun dan denda maksimal Rp 10 Milyar.

” Saat ini penyidik terus melakukan pengembangan kasus pengangkutan barang tambang tanpa IUP, termasuk  akan melakukan pemeriksaan terhadap YH selaku Pemilik Batu Jek dan tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan Tersangka baru. Dan ini tergantung hasil penyidikan,”tegasnya..(boy/man saleh)

Pos terkait