Anhar Dg. Mallawa Jabat Ketua Dewan Adat Dampal Kabupaten Tolitoli

Oleh: Hariyanti

TOLITOLI, AMUNISINEWS.CO.ID – Komunitas warga Dampal di Kabupaten Tolitoli provensi Sulawesi tengah. telah bersepakat membentuk Dewan Adat Dampal sebagai wadah untuk menggali dan merawat serta melestarikan budaya dan tradisi suku Dampal sebagai salah satu etnis di Kabupaten Tolitoli selain etnis Tolitoli dan etnis Dondo yang tergabung dalam Sibitolu.

Bacaan Lainnya

Pembentukan Dewan Adat Dampal itu dilaksanakan dalam suatu musyawarah yang dilaksanakan pada Sabtu (26/2) di rumah adat Dampal yang ada di Desa Bangkir Kecamatan Dampal Selatan.

Selain membentuk wadahnya juga sekaligus dilakukan pemilihan Ketua Dewan Adat Dampal yang secara aklamasi dipercayakan kepada Anhar Dg. Mallawa, SE.

Tokoh-tokoh adat Dampal yang bersepakat itu di antaranya Drs.Hi. Hardi Dg. Mallawa, Drs. Hi. Haripuddin Abd. Hafid, MM, DR. Suardi B Dg. Mallawa,  SH.,MH (Ketua Program Studi Pasca Sarjana Universitas Tadulako Palu), Moh. Roy Fandi B. Dg. Mallawa, S.Sos M.Ap (Dosen pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Palu), Bustaman Abd.Hafid, SH, Mansyur Dg. Mallawa (Kepala Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala) serta sejumlah tokoh lainnya dari Desa Bangkir, Desa Lempe Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli termasuk dari Desa Ogoamas Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala.

Ketua Dewan Adat Dampal terpilih Anhar Dg Mallawa, SE menyampaikan terima kasih kepada seluruh tokoh adat yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya dalam mengemban amanah itu. Ia berjanji akan melaksanakan tugas dan kewajibannya selaku Ketua Dewan Adat Dampal dengan sebaik-baiknya terutama dalam menggali dan membudayakan kembali bahasa Dampal yang hampir punah sekaligus menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi adat Dampal.

Untuk itu, Anhar meminta dukungan semua pihak, khususnya komunitas masyarakat Dampal agar dapat bersatu padu dan bekerja sama dalam mengangkat budaya dampal di tengah arus modernisasi sekarang ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.