Antisipasi Kebakaran lingkup SMAN.02 Ketapang Saat Gedung Diterpa Angin Puting beliung

  • Whatsapp

Oleh, Teguh

KETAPANG, AMUNISINEWS.CO.ID.- Terjadinya kebakaran di SMA.Negeri 02 Ketapang Kalimantan Barat pada Hari Kamis, tanggal (01/04/21) pukul 14:35 sore, yang beralamat di Desa Kauman Kecamatan Benua Kayong, sebelum kejadian kebakaran tersebut bangunan sekolahan rusak parah diakibatkan dari terpaan angin puting beliung terutama atap sekolahan yang rusak.

Amunisi investigasi di lapangan anehnya tidak ada ditemukan titik api sedikitpun, dan yang terbukti hanya bangunan sekolah yang rusak karna diterpa angin yang sangat kuat, dan baiknya tidak ada satupun korban jiwa pada saat kejadian tersebut.

Dalam kondisi panik, namun  dengan cepat Dedi Kadar Setiawan selaku kepala sekolah menghubungi pemadam kebakaran serta belum juga usai permasalahan dari kerusakan bangunan salah satunya atap dari sekolahan yang roboh secara baik ia tangani.
“Heni (45) tahun selaku KTU guru di sekolahan tersebut mengatakan bahwa terjadinya pemicu kebakaran belum di ketahui pada saat itu, adanya dugaan dari beberapa warga yang datang menyaksikan berbondong-bondong dikarenakan ada kabel yang konslet serta ada yang mengatakan disamping pagar sekolahan ada pohon pisang yang terbakar”.
“Suyatmin selaku guru juga mengatakan, pada saat kebakaran para guru sedang sibuk mengurus bangunan yang rusak terkena angin puting beliung pada hari itu juga, dikarnakan adanya curah hujan sebelumnya dan angin yang kencang sebelum terjadi kebakaran, setelah itu tiba-tiba para guru panik dikarnakan ada gumpalan asap di sekolahan, dengan cepat Dedi……selaku kepala sekolah menelpon pemadam kebakaran serentak para warga kaget berdatangan melihat mobil pemadam kebakaran dengan sigap untuk mencari keberadaan dimana titik api berasal”.
“Salahsatu masyarakat inisial (e) juga mengatakan, “setelah dicari tidak ketemu dimana api itu berasal, ya menurut saya tidak begitu berbahaya dikarnakan tanpa penanganan khusus dari pemadam kebakaran apinya menghilang”.

Kembali pada bangunan sekolah yang rusak diakibatkan angin puting beliung, sebelumnya ada kedatangan dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi untuk mengecek apa saja yang rusak diakibatkan angin puting beliung tersebut?

Surya selaku Konsentator Dinas Pendidikan Provinsi pada saat Amunisi lakukan konfirmasi di lapanganan mengatakan, “ia baru saja baru datang melakukan survei di lapangan untuk penanggulangan masalah kerusakan yang terjadi hari ini di sekolahan SMA.N 02 Ketapang Kalimantan Barat yang diakibatkan bencana alam yaitu angin puting beliung tersebut akan dikoordinasikan kembali kepada Kepala sekolahnya, dan masalah kerusakan akan ditanggulangi secepat mungkin untuk dilakukan penggelapan kembali”.

Dedi Kadar Setiawan selaku kepala sekolah SMA.N.02 Ketapang mengatakan harapannya untuk segera diperbaiki bangunan yang rusak secepat mungkin, atau akan digunakan dengan dana yang sudah ada, sebab masih bisa ditangani, bahkan dalam waktu dua baik tiga hari sudah terselesaikan, yang artinya dalam waktu tiga hari bangunan kembali normal pada Senin ini, pungkasnya kepada Amunisinews.co.id.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *