Awali Kegiatan Tahun 2022, PEMDES BANGGLE GELAR VAKSINASI MASSAL

  • Whatsapp

Oleh: Dwi Armanto

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Indonesia terus melakukan intensifikasi program vaksinasi Covid-19 dan berupaya meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah. Agar program Vaksinasi berjalan lancar dan lebih cepat, stock vaksin terus di distribusikan ke berbagai daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menindak lanjuti program Nasional di sektor penanganan pandemi tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Banggle, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, selasa (04/01/2022) mengadakan Vaksinasi massal yang di gelar di Aula Kantor Desa.

Kegiatan vaksinasi di awal tahun 2022 ini,Desa Banggle bekerja sama dengan Puskesmas Kanigoro. Selain menyasar Warga setempat,vaksinasi juga melayani masyarakat secara umum.

Pantauan Amunisinews.co.id, giat vaksinasi yang dimulai pukul 07,30 hingga 13,00 tersebut melibatkan 11 tenaga kesehatan. Mereka terdiri dari 1 Orang Dokter, 3 paramedis, 7 Bidan 2 di antaranya tenaga vaksinator, dengan di bantu oleh belasan tenaga relawan dari kader PKK dan perangkat Desa setempat. Ada beberapa tahapan yang harus di lakukan oleh peserta sebelum disuntik vaksin. Peserta satu persatu wajib mendaftarkan diri dan mengisi formulir.

Setelah mengisi formulir, peserta akan di cek oleh Dokter yang bertugas pada bagian skrining. Pengecekan tersebut meliputi suhu tubuh, tensi darah, diagnosa batuk dan pilek, serta ukur tinggi dan berat badan. Apabila Dokter menyatakan sehat dan memenuhi persyaratan untuk di vaksin, berikutnya peserta menunggu giliran untuk divaksin.

Hari itu masyarakat nampak sangat antusias mengikuti Vaksinasi yang digelar oleh Pemdes Banggle. Selain warga setempat, banyak peserta dari Desa lain yang datang. Mereka hadir lebih awal.

Meski harus rela mengantri, mereka tetap tertib dan mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Di sampaikan oleh Kepala Puskesmas Kanigoro, Dokter Heti Candra, jumlah vaksin yang tersedia menyesuaikan dengan daftar dan jumlah peserta yang hadir. Ia mengatakan ketersediaan Vaksin untuk saat ini masih cukup, “Untuk jumlahnya, kita menyesuaikan dengan jumlah peserta yang hadir,dan ketersediaan stock sampai dengan hari ini saya kira mencukupi” jelas Dokter Heti di sela kegiatan.

Berdasarkan data yang di dapat Media ini, kegiatan vaksinasi Covid-19 Desa Banggle ini menyasar 489 warga. Capaian tersebut meliput suntikan dosis 1 dan dosis ke 2. Ada tiga jenis vaksin yang di didistribusikan,yaitu, Astra Zeneca, Sinovac dan Pfizer.

Berikutnya, diketahui ada 43 peserta yang gagal vaksin. Hal tersebut mengacu dari hasil chek kesehatan. Peserta yang gagal vaksin adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan ataupun faktor lain seperti tensi tinggi, asma, flu dan juga belum waktunya.

Berbagai faktor yang menyangkut kesehatan dan berkaitan dengan keselamatan seseorang, menjadi pertimbangan Dokter untuk memutuskan layak atau tidak seseorang untuk disuntik vaksin.

Sementara itu, ditemui di ruang kerjanya, Kepala Desa Banggle Drs,Nur Huda menyampaikan ungkapan terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung program vaksinasi,” Kami sampaikan terimakasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat serta semua pihak dalam program vaksinasi ini,” kata Huda.

Huda juga mengatakan jika partisipasi dan dukungan tersebut akan menentukan keberhasilan program vaksinasi Pemerintah. Ia pun berharap mudah- mudahan masyarakat secara luas dan khususnya warga Desa Banggle nantinya dapat kembali beraktifitas dengan normal dan aman.

Pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal hari itu, nampak beberapa petugas dari Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Kanigoro melakukan pendampingan dan pengamanan jalanya Vaksin. Hingga selesai pukul 13,00,kegiatan vaksinasi di Desa Banggle berjalan lancar dan kondusif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *