Bebas Denda, Samsat Sidoarjo Dipadati Ribuan Wajib Pajak Usai Libur Panjang

  • Whatsapp
DSC_3853
Baur STNK Layani Antrian WP di Kantor Samsat Sidoarjo Kota usai libur panjang lebaran dan Cuti bersama.

SIDOARJO,AMUNISINEWS.COM –Libur panjang lebaran dan cuti bersama berdampak Wajib Pajak (WP)terlihat berkerumun dan berjubel dalam antrian pengurusan surat kendaran bermotor baik roda dua maupun roda empat (R2 maupun R4) di pelayanan Samsat Sidoarjo Kota Jl.Cemeng Kalang No.12 Sidoarjo Senin (3/7). Bahkan ribuan WP paati dari total 15 tempat layanan pembayaran pengurusan perpanjangan STNK.
Kanit Regident Iptu Arpan SIK,MH kepada wartawan Senin (3/7) menanggapi penigkatan lonjakan wajib pajak di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sidoarjo.

Menurutnya ini merupakan awal mulai aktif layanan, dikarenakan libur panjang lebaran dan cuti bersama. “Namun kami disini dalam pelayanan siap melayani semua WP dengan memaksimalkan tenaga yang dimiliki Polri,khususnya Polresta Sidoarjo maupun Dispenda,”terang Arpan.
Arpan menambahkan, selain itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelayanan WP,jam kerja Samsat Sidoarjo dibuka lebih awal sampai dianggap normal kembali,yakni dibuka pukul 07.00 Wib.

Dan tidak hanya itu dari 13 layanan pembayaran pengurusan perpanjangan STNK ditambah 2 jadi total 15 tempat yang lokasinya sudah tersebar di Sidoarjo.

Satu yang pasti menurut Arpan WP bila dalam pembayaran hari Senin(3/7) pajak kendaraan sudah mati atau habis masa berlakunya disaat libur panjang kemarin,mereka dibebaskan dari denda administrasi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan lalu Lintas jalan(SWDKLLJ) namun hanya disaat pembayaran hari itu juga .
Sementara Baur STNK Samsat Sidoarjo Kota Aiptu Susetyo saat dikonfirmasi mengatakan,peningkatan masyarakat sekarang ini banyak melakukan pembayaran pajak baik itu tahunan maupun ganti STNK (plat nomor) waktu libur pajaknya mati tidak akan kena denda.
Seluruh Jawa Timur bahkan mungkin seluruh Indonesia dalam layanan tapi yang paling banyak suratnya/pajaknya mati disaat libur panjang kemarin yang melakukan pembayaran.Namun bebas denda hanya pajak tahunan yang terbebas denda itupun pajak tahunan yang mati disaat libur panjang dan pembayaran hanya dilakukan hari ini Senin(3/7)saja,untuk hari berikutnya denda tetap berlaku.

“Hari ini disini total keseluruhan ratusan dan bahkan ribuanWajib Pajak di wilayah Polresta Sidoarjo,” terangnya.
Dikatakan Baur, antisipasi lonjakan Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran termasuk layanan unggulan Korner Giant Pondok Candra,Giant Pepelegi,Payment Point Bank Jatim Puspa Agro dan Bank Jatim samsat lama,dan Bank jatim Taman serta drive true alon-alon,Samsat keliling, 13tempat layanan dan tambahan 2 tempat layanan,1 diluar tadi jadi total 15 tempat layanan pembayaran pajak tahunan.

“Kalau solusi loket pembagian untuk mutasi keluar diatas lt2 dan mutasi masuk disini dibawa dan penulisan BPKB seperti terlihat antrian wajib pajak dikarenakan usai awal liburan,” ujarnya.
Sementara Ahmad Sidik (51)WP yang sempat dikonfirmasi mengatakan, dia akan melunasi pajak tahunan yang sudah mati. “Dan pihak OTTO selaku Leasing dan saya selaku oper kredit,tidak tahu kendaraan saya kendaran Nisan Grand Livina yang sudah mati pajaknya,”katanya.

Dia belum mengetahui kalau pembayaran pajak telat/mati tidak ada denda apabila pembayaran dilakukan hari ini.

Pasalnya dirinya mengakui kalau pajaknya mati dan sangat senang, itupun kalau termasuk kriteria yang berlaku katanya kepada wartawan Senin kemarin.(tam)

Pos terkait