Bekukan UNESQO, Tanda Israel Ngambek

  • Whatsapp
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Oleh : Ryan Septriyawan

 

AMUNISINEWS.COM, Tel Aviv – Israel mengambil sikap terkait pernyataan resmi UNESQO yang menyatakan Temple Mount atau Masjid Al Aqsa adalah bagian dari sejarah muslim di Palestina. Israel menolak pernyataan UNESQO dan tetap mengakui kompleks Al-Aqsa sebagai situs suci Yahudi.

Menteri pendidikan Israel Naftali Bennett mengatakan, draft keputusan UNESQO tentang Jerusalem (Yerusalem) menyangkal sejarah dan mendorong teror. Respon Israel ini  setelah Lembaga Budaya PBB tersebut menerima putusan yang hanya menyebut nama Islam untuk kompleks Al-Aqsa.

Dalam sejarah Yahudi, kompleks tersebut diklaim tempat kuil suci Yahudi yang berdekatan dengan Western Wall. Sementara, masjid Al-Aqsa adalah tempat suci umat Islam yang merupakan lokasi isra mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan UNESQO telah jadi teater absurd dengan keputusan delusional. “Mengatakan Israel tak ada hubungan dengan Temple Mount dan Western Wall seperti mengatakan Cina tak ada hubungan dengan Great Wall dan Mesir tak ada hubungan dengan piramida,” ujarnya.

Pos terkait