Berkunjung Ke Jombang, Gubernur Jawa Timur Resmikan Revitalisasi Alun-Alun

Oleh: Arif

JOMBANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Bertempat di alun-alun Jombang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Melakukan Peresmian revitalisasi Alun-Alun, ditandai dengan memotong untaian melati dan berkeliling Alun-Alun serta penandatanganan prasasti. Didampingi Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Anggota Komisi IV DPR RI, Staf Ahli Gubernur, Ketua DPRD, Kapolres, Dansatradar 222 Ploso, Kajari, Perwakilan Dandim 0814, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Direktur BUMD, Pemimpin Cabang Bank Jatim.

Bacaan Lainnya

Gubernur Khofifah mengatakan Alun Alun Jombang, dikenal sebagai salah satu lokasi wisata di Kota Santri. Tempatnya sangat strategis, dimana sisi barat terdapat Masjid Agung, sisi selatan terdapat Stasiun Jombang, sebelah timur terdapat Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (21/2/22).

“Sehingga Pemerintah Kabupaten Jombang kini semakin menambah fungsi dari Alun Alun, yakni sebagai sarana wisata edukasi bagi anak-anak usia dini atau PAUD. Dilengkapi dengan sarana dan prasarana permainan serta belajar bagi anak anak. Area-area ini tentu diharapkan menjadi sentra pembelajaran juga. Ada rekreatifnya dan edukatifnya,” terangnya.

Alun Alun ini tidak hanya menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi anak anak dan keluarga. Namun juga diharapkan menjadi sarana Ruang Terbuka Hijau, dimana terdapat tanaman pepohonan yang baru ditanam.

“Tadi saya usul, beberapa titik dikasih kayak gazebo kecil gitu supaya kayak satu keluarga satu keluarga bisa satu gazebo. Saya juga merasa senang saat meninjau lokasi Children Playground yang sedang ramai riuh anak-anak. Karena tampak anak-anak ini bahagia dan semangat naik turun tangga, meloncat dan menikmati perosotan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengaku bahagia dengan hadirnya Gubernur Khofifah yang secara langsung meresmikan Alun Alun Jombang. Menurutnya menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Jombang. Pembangunan alun alun Jombang bertujuan sebagai wahana tempat rekreasi sekaligus ruang belajar terbuka namun dalam fungsinya tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid 19.

“Satu tempat yang kita siapkan, kita membangun agar supaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Alun alun ini, lanjut Munjidah, selain untuk sebagai ruang terbuka hijau, juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, untuk memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak, khususnya PAUD. Ada tempat bermain anak-anak, dan orang tua juga bisa mendampingi.

Revitalisasi Alun Alun Jombang, menelan anggaran sebesar Rp 8 milyar. Dengan beberapa area tambahan, selain difungsikan sebagai lokasi upacara, juga dua sarana Children Playground.

Dalam pembangunan revilitasi Alun alun Jombang kami juga tetap memperhatikan tempat ibadah dimana tetap meyediakan sarana di seputaran masjid Jami’ dengan membangun tempat tempat yang teduh

“Selain itu, pembangunan yang telah kita capai diantaranya gorong-gorong Jalan Wahid Hasyim, Jembatan Ploso, rehabilitasi sekolah, dan pembangunan tempat limbah B3 di Bakalan Kecamatan Sumobito,” tandasnya.

Selain peresmian Alun Alun Jombang, Gubernur Khofifah menyerahkan sertifikat garansi keselamatan kerja PT. Landscape Indonesia dan dilanjutkan dengan piagam kepada CSR PT. Semen Indonesia atas peranan pemulihan limbah B3. Penyerahan piagam tingkat Nasional dan Provinsi yakni Penghargaan Adiwiyata Nasional kepada SMPN I Mojoagung, MTs Jatirejo Kecamatan Diwek dan SDN Mojotrisno.

Penghargaan tingkat Provinsi kepada SDN Tanjunggunung Peterongan, MI Mualimat Cukir dan MI Thoyib Hidayat Pojok Puton Kecamatan Diwek. Sedangkan penghargaan Desa Berseri tingkat Provinsi kepada Desa Mojotrisno Mojoagung dan Kelurahan Kaliwungu Jombang serta Penghargaan ECO Pesantren tingkat Provinsi kepada Ponpes Mambaul Hikam Jatirejo Kecamatan Diwek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.