Bertemu Sutiyoso, Lieus Sungkharisma Kagumi Museum Pribadi Bang Yos

Oleh: Darsani

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID – Di tengah kondisi sosial politik yang tak stabil akhir-akhir ini, koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma, Minggu (5/12), tiba-tiba saja menemui mantan Kepala BIN dan Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso.

Dalam pertemuan yang berlangsung di museum pribadi yang sekaligus rumah kediaman Sutiyoso selama hampir setengah hari itu, selain membicarakan berbagai hal terkait perkembangan sosial politik dalam negeri, Lieus juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Sutiyoso yang hari ini genap berumur 77 tahun.

Di luar pembicaraan menyangkut soal politik, kedatangan Lieus ke kediaman Bang Yos adalah untuk melihat sendiri museum Bang Yos yang diresmikan tahun 2020 lalu.

Lieus mengaku sangat kagum dan memberi apresiasi sebesar-besarnya atas dibangunnya museum Bang Yos itu. Museum yang diresmikan oleh Ketua Wantimpres dan mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Wiranto pada Maret 2020 itu terletak di Jalan Kalimanggis Nomor 100 Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Museum Bang Yos itu berisi foto-foto, penghargaan, lukisan bahkan senjata yang semuanya terkait dengan semangat dan perjuangan hidup Bang Yos dalam meraih cita-citanya untuk berkarir di militer hingga akhirnya menjadi Gubernur, kepala BIN dan memimpin partai politik.

“Keberadaan museum ini menjadi gambaran bahwa untuk menjadi pemberi semangat pada orang banyak dalam berjuang, tak akan pernah bisa berhenti,” kata Lieus.

Bang Yos, tambah Lieus, telah mencontohkan bagaimana ia yang berasal dari keluarga sederhana bisa menjadi orang yang sukses seperti sekarang. “Di museum ini kita bisa melihat perjalanan hidup bang Yos sejak kecil hingga akhirnya menjadi tokoh nasional,” ujar Lieus.

Lieus berharap, apa yang ditampilkan di museum bang Yos ini, baik itu mengangkut perjuangan maupun semangat melakoni hidup, dapat menular kepada para pengunjung, khususnya pada kalangan generasi muda.

“Museum ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat luas, terutama generasi yang lebih muda tentang perjalanan hidup dan perjuangan seorang tokoh nasional. Ini sungguh suatu yang patut ditiru,” ujar Lieus lagi.

Di mata Lieus, Sutiyoso adalah sosok yang tegas, terus terang, apa adanya dan bersahabat dengan siapa saja. “Sikap itu sudah saya lihat tak hanya saat di memimpin pasukan khusus di militer, tapi juga saat ia menjabat Gubernur DKI selama dua periode dan saat ia menjadi Kepala BIN,” jelas Lieus.

Saya berharap, tambah Lieus, dengan museum pribadinya itu Sutiyoso dapat terus memberi motivasi kepada generasi muda, baik di militer maupun generasi muda pada umumnya, tentang apa yang harus dilakukan untuk meraih apa yang dicita-citakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.