Bertepatan Hari Lahir Pancasila, Walikota Depok dan Smile Tebar Bibit Ikan Di Setu Rawakalong

  • Whatsapp

Oleh, John Ht

DEPOK, AMUNISINEWS.CO.ID.- Walikota Depok Mohammad Idris bersama Sahabat Milenia (Smile) Kota Depok, Selasa, (01/06/21) tebar 500 Kg bibit ikan sekaligus lakukan menanam pohon, di sekitar kawasan Setu Rawa kalong, Kel.Curug, Cimanggis, Kota Depok. Benih-benih ikan yang ditebar yaitu tawes, jelawat, mata merah, Patin, lele, mujair dan ikan Nila.

Menurut Idris, Tebar benih ikan yang di lakukan di Setu Rawa Kalong sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 merupakan momen yang luar biasa sekaligus mengapresiasi kegiatan tersebut. Pelepas berbagai macam benih ikan oleh Walikota Depok disambut antusias masyarakat terlebih para pemancing mania.“Alhamdulillah hari ini, kami bersama Walikota Depok taburkan benih ikan dirawa kalong, Insya Allah ini akan m enjadi momen pentingg di Hari Lahirnya Pancasila,” ucap Ketua Smile Depok Irvan Januar, usai menabur benih ikan.

Irvan mengatakan, ada sembilan jenis bibit ikan yang disebar yakni tawes, jelawat, mata merah, Patin, lele, mujair dan ikan Nila, kalau di totalkan sekitar 500 Kg benih ikan ditebar. “Ribuan ekor ikan kita akan tebar, hal ini sebagai bentuk kepedulian Smile terhadap lingkungan di sekitar Setu,” ucap Irvan, yang di Amini oleh jajaran jajaran pengurus Smile, antara lain Syamsuddin Aloy, Pardong, Slamet Iting, Katel, Haji Agus, Kubil, Nadih Acil, Egon.

Sementara itu dikesempatan yang sama Ketua Panitia Syamsudin Aloy menambahkan, bahwa kegiatan tabur benih ini sebagai salah satu program smile, untuk melestarikan Situ, bila perlu situ di Kota Depok akan ditabur ikan. “Yaa, ini sebagai program kami, InsyaAllah nanti selain Setu Rawa Kalong, Kami juga akan menebar benih dibeberapa Setu yang ada di kota Depok,” jelas Aloy.

Pria yang juga merupakan Ketua RW.06 Sukatani ini menuturkan, tujuan utamanya selain kelestarian Setu, menjaga Setu nyaman dan aman. “Semoga tabur benih ini nantinya akan bermanfaat bagi warga sekitar, terutama yang hobby memancing,” ujarnya.

Di tempat yang sama salah satu aktifis, Ketua Serikat Petani Depok Pardong menambahkan, bahwa acara tabur benih ini juga bekerja sama dengan komunitas yang berada di Setu Rawa kalong yakni Komunitas Jaga area Setu Rawa kalong. “Smile menggandeng komunitas yang juga peduli dengan Setu, dengan Pokdarwis yang ada. Mari kita bangun Depok bersama,” ujarnya.

Walikota Depok Muhammad Idris, usai menabur benih ikan mengatakan, Hari Lahir Pancasila perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini. “Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila itu. Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat ini meski masa pandemi, masyarakat secara bersama sama, menabur benih ikan,” paparnya. “Mari kita lestarikan situ yang ada di Kota Depok  tentunya dengan cara menjaga dan.merawatnya sekaligus sebagai taman wisata yang dilindungi,” ucap Idris diakhir kata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *