Bupati Tolitoli : “Budidaya Udang Vanamae Diharapkan Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp

Oleh: Hariyanti

TOLITOLI, AMUNISINEWS.CO.ID – Tambak modern yang dicetak oleh PT. Esaputli Prakarsa Utama di Desa Lingadan Kecamatan Dako Pemean Kabupaten Tolitoli, rabu pagi (1/12) diresmikan  Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya ditandai dengan penaburan perdana benur Vannamei di kolam A4 bersama mantan Bupati Tolitoli H. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH di kolam A5, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos dan tokoh masyarakat Hi. Abd. Halik.

Direktur Utama PT. Esaputli Prakarsa utama Hi. Ahmad Bhakty Baramuli, M.B.A, dalam keterangannya menjelaskan bahwa tambak yang siap ditaburi benur vannamei ini sebanyak 29 kolam di mana masing-masing kolam berukuran 2.500 M2 yang dapat menampung 500 ribu ekor benur atau sebanyak 200 ekor benur dalam 1 M2.

Areal tambak modern di Desa Lingadan ini seluruhnya seluas 86 Hektar di mana 43 hektar merupakan tambak inti dan 43 hektar lainnya adalah tambak plasma.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam sambutannya berharap agar budidaya udang vannamei di wilayah Kabupaten Tolitoli ini dapat menjadi salah satu sektor usaha perikanan yang dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Menurut Bupati, disampng prospek yang dijanjikan, udang juga merupakan salah satu komoditas yang selalu laris manis di pasaran. Dari segi ekonomi, hasil dari tambak udang bisa meningkatkan kesejahteraan serta membuka lapangan pekerjaan  khususnya bagi masyarakat sekitar tambak.

Untuk itu Bupati Amran Hi. Yahya meminta kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat agar memberikan dukungan terhadap manajemen PT. Esaputli Prakarsa Utama, paling tidak dalam bentuk jaminan keamanan agar pengelolaan tambak udang vannamei ini dapat terus beroperasi.(IDP/SH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *