Bupati Tolitoli Lepas Mahasiswa Akper Praktik Belajar di Bandung

  • Whatsapp

Oleh Haryanti

mahasiswa akper toli-pendidikan

 

TOLITOLI, AMUNISINEWS.COM- Bupati Tolitoli  H. Moh Saleh Bantilan, SH.MH  melepas mahasiswa Akademi Keperawatan Pemda  kabupaten Tolitoli  provinsi Sulawesi Tengah, tingkat tiga semester lima untuk mengikuti praktik belajar klinik di Rumah Sakit Kota Bandung.

Bertempat di Aula Akper Pemda Tolitoli dihadiri oleh Direktur Akademi Keperawatan Pemda Tolitoli, Seluruh Civitas Akademika Akper Pemda Tolitoli, mahasiswa dan mahasiswi Akper Pemda Tolitoli.

Direktur Akper Pemda Tolitoli Endang Usman S.Km M.Kes melaporkan tujuan praktik belajar ini yaitu agar mahasiswa mampu mengaplikasikan, mengimplementasikan asuhan keperawatan pada area keperawatan medical bedah, keperawatan anak, keperawatan darurat dan keperawatan jiwa pada tatanan yang nyata.

Setelah melakukan praktek belajar lapangan diharapkan mahasiswa melakukan asuhan keperawatan medical bedah (KMB), melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan kasus keperawatan kritis, melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan kasus gawat darurat serta melakukan asuhan keperawatan pada pasien jiwa.

Pelaksanaan kegiatan mulai tanggal 9 Oktober sampai dengan  4 November 2017. Tempat pelaksanaan praktek mahasiswa dilaksanakan di RS Paru Dr. H. A Rotinsulu, RSUD Dr. M Salamun Bandung, RS Jiwa Provinsi Jawa Barat.

Mahasiswa yang akan mengikuti praktik belajar klinik (PBK) di RS Bandung adalah 49 orang berasal dari mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan Pemda Tolitoli Tahun akademik 2017/2018.

Bupati Tolitoli H. Moh Saleh Bantilan, SH.MH  mengatakan pelaksanaan praktek belajar klinik di beberapa rumah sakit yang berada di Kota Bandung, merupakan bukti nyata bahwa keberadaan Akademi Keperawatan Pemda Tolitoli sudah memperoleh pengakuan dalam  hal pelaksanaan pendidikan bidang keperawatan di Indonesia.

“Keberadaan Akademi Keperawatan Pemda Tolitoli yang merupakan salah satu aset daerah, harus terus kita pelihara dan kita tingkatkan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” kata Bupati.

Untuk bidang kesehatan di daerah ini, katanya,  Pemerintah Daerah telah berupaya meningkatkan pendayagunaan tenaga kesehatan termasuk peningkatan karier bagi seluruh tenaga kesehatan, meningkatkan mutu Pendidikan Tenaga Kesehatan dan pelatihan kesehatan serta mengendalikan pengembangan tenaga kesehatan.

Salah satu bukti nyata dari upaya tersebut adalah pengiriman para calon tenaga kesehatan yang ada di Akademi Keparawatan Pemda Tolitoli ini untuk memperdalam ilmu pengetahuan serta menimba pengalaman dalam hal pemberian pelayanan kesehatan di beberapa Rumah Sakit Kota Bandung.  tentunya akan sangat bermanfaat dan bermakna apabila pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh di Bandung nantinya, dapat diaplikasikan  di daerah ini.

Editor Hendra Usmaya

 

Pos terkait