Cara Mandi yang Baik dan Benar

  • Whatsapp

RUBRIK KESEHATAN

dr Marietta Sadeli

Oleh : dr. Marrietta Sugiarti Sadeli

Mandi merupakan hal yang pada umumnya dilakukan oleh setiap orang setiap harinya.

Tujuan mandi adalah untuk membersihkan tubuh dan membuat tubuh menjadi segar.

Biasanya orang akan mandi sehari dua kali. Karena sangat rutinnya mandi yang kita lakukan, kita hampir tidak pernah sadar apakah cara mandi yang kita lakukan sudah baik dan benar?

Dan bagaimana sebenarnya cara yang baik dan benar menjadi tidak penting untuk banyak orang. Kita mengenal berbagai jenis peralatan mandi tetapi pada umumnya kita tidak mengetahui yang mana yang tepat untuk kita.

Berikut uraian singkat mengenai cara mandi yang baik dan benar

1. Mandi jangan terlalu lama
Mandi memang hal yang harus dilakukan setiap hari, minimal dua kali dalam sehari, tetapi jika mandi terlalu lama justru merupakan hal yang tidak baik.
Apalagi untuk yang suka mandi berendam yang terlalu lama, akan mengakibatkan kulit menjadi kering. Mandi yang baik dan benar hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, bahkan itu sudah waktu yang paling lama.

2. Air yang terlalu panas harus dihindari
Mandi dengan air yang sangat panas harus dihindari, karena air yang terlalu panas tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
Sangat dianjurkan mandi dengan menggunakan air dengan suhu normal, kecuali jika memang udara sekitar sangat dingin gunakanlah air dengan panas hangat – hangat kuku (lukewarm).

3. Sabun yang sesuai
Sabun adalah alat yang pasti digunakan setiap kali mandi oleh setiap orang, maka menggunakan sabun yang sesuai adalah hal yang penting. Sabun yang tidak sesuai berpotensi membuat kulit menjadi kering dan kasar.
Sabun yang baik memiliki daya pembersih yang lembut, serta memiliki tingkat pH yang seimbang, hal ini sangat diperlukan agar kulit terhindari dari iritasi.

4. Biasakan jangan menggosok tubuh dengan handuk
Setelah mandi, pada umumnya tubuh akan kita keringkan dengan handuk.
Akan tetapi hal penting yang harus diketahui bahwa, jika terlalu sering menggosokan tubuh dengan handuk sehabis mandi dapat merusak kulit dan juga dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Apabila harus tetap sering menggosok dengan handuk, gunakanlah handuk yang permukaannya sangat halus.

Kebiasaan menggosok dengan handuk dapat diganti dengan menepuk – nepukan tangan pada kulit untuk mengeringkan badan.

Demikianlah uraian singkat mengenai cara mandi yang baik dan benar.
Semoga bermanfaat.

Pos terkait