Civitas RSUD Jombang Antusias Peduli Sesama dengan Kegiatan Donor Darah

Oleh: Arif/Adv

JOMBANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang kembali dapat menggelar kegiatan sebagai bentuk peduli terhadap sesama yakni donor darah dengan antusias tinggi dari seluruh anggota civitasnya,yang sempat terhenti karena pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Dr Eky Indyanty,W.L.,MMRS.,Sp.PK Selaku perwakilan ketua panitia kegiatan donor darah RSUD Jombang, mengungkapkan rasa bersyukur bahwa RSUD Jombang dapat kembali menggelar acara donor darah yang sempat terhenti karena masa pandemi. Selasa (25/1/22).

“Ini sebenarnya agenda rutin sebagai Ketua panitia donor darah setiap 3 bulan sekali. Namun memang sangat disayangkan saat pandemi ini sempat berhenti karena dengan petimbangan mengurangi kerumunan atau kontak dengan orang banyak. Hingga akhirnya pada hari selasa mengadakan kembali dengan prokes ketat, pakai masker, cuci tangan,dan jaga jarak,” ungkap dr Eky.

Antusiasme pendonor darah yang dilakukan oleh RSUD Jombang saat itu menurut dr Eki diterima baik oleh civitas dan masyarakat umum yang mengikuti kegiatan donor darah tersebut.

“Antusiasnya saya kira luar biasa sekali, kami target hanya 200 pendonor namun ini belum selesai dari catatan sudah melebihi, artinya bisa saja ini dapat terkumpul lebih dari 250 pendonor,” jelasnya.

Adapun peserta donor darah tersebut dikatakan dr Eky berasal dari civitas RSUD Jombang sendiri, pelajar yang praktek di RSUD Jombang, Darma Wanita, bahkan masyarakat umum yang mengetahui kegiatan donor darah di salah satu gedung pertemuan RSUD ini.

Selain sebagai program rutin RSUD Jombang, disampaikan oleh dr Eky bahwa kegiatan donor darah ini juga relevan untuk membantu ketersediaan darah untuk pasien DBD relatif banyak.

“Selain memang kegiatan rutin, kebetulan saat ini kasus demam berdarah meningkat kebutuhan darah tinggi, jadi tujuan kami juga membantu pengadaan stok darah serta membantu penyediaan trombosit,” terangnya.

Sebelum melakukan pendonoran darah, menurutnya bahwa calon pendonor harus dipastikan dalam kondisi sehat serta memenuhi syarat untuk melakukan donor darah seperti melihat suhu badan, tensi atau tekanan darah, cek kadar hemoglobin, cek golongan darah yang seluruh prosesnya harus dijalani.

Pihak panitia kegiatan donor darah RSUD Jombang juga memberikan hadiah hiburan bagi pendonor dengan cara diundi agar kegiatan dapat lebih menarik.

“Ada disiapkan undian hadiah itu, tapi saya yakin bukan karena itu mereka berdonor darah,” imbuhnya.

dr Eky serta pihak RSUD Jombang berharap agar kegiatan donor darah dapat dilangsungkan rutin kembali tentunya dengan calon pendonor yang akan terus bertambah sebagai bakti sosial terhadap sesama.

“Harapannya semoga program donor darah setiap tiga bulan sekali ini dapat kembali dilakukan, begitupun dengan partisipasinya agar lebih meningkat guna menolong sesama yang membutuhkan darah,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.