Dampak Adanya Pembangunan, Warga Klampis Harapan Keluhkan Sampah Proyek

  • Whatsapp

Oleh: Irman

SURABAYA-AMUNISINEWS.CO.ID-Musim hujan tiba, warga di Perumahan Klampis Harapan, Kecamatan Sukolilo tiba-tiba mengeluhkan banjir. Padahal sebelumnya sama sekali belum pernah ada banjir di sana selama puluhan tahun belakangan ini.

Ketua RW 04, Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Eko Busono menduga adanya banjir ini sebab adanya pembangunan di sebelah perumahan. “Tapi kami belum tahu pembangunan apa. Karena sama sekali belum ada sosialisasi dan komunikasi dengan pembangunnya,” kata dia.

Menurut dia, dari adanya pembangunan tersebut membuat saluran air di sebelah perumahan macet. Hingga kemudian drainase tidak berfungsi dengan baik. “Akhirnya banjir ini,” kata dia.

Masih kata Eko, sebelumnya di sana sama sekali tak pernah terjadi banjir. Namun, pada musim banjir kali ini air bisa setinggi mata kaki orang dewasa.

Sebab itu Eko ingin kepada pihak pengembang agar ada itikad baik. Yakni, dengan melakukan komunikasi serta berkomitment untuk menjaga lingkungan hidup. “Jangan malah merusak begini,” tegasnya.

Eko pun kemudian mempertanyakan perihal izin formalitas pembangunan? “Kok bisa Pemkot menerbitkan IMB dan HO. Serta dari dinas lingkungan hidup harus melihat ini,” tegasnya kembali.

Eko juga menambahkan pernah pada saat kerja bakti membersihkan saluran air ditemukan berbagai sampah berat di lokasi. “Ini bukan sampah biasa. Tapi sampah bekas proyek seperti kayu balok yang banyak kami temukan,” imbuh dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *