Desa Papungan Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Oleh : Dwi Armanto

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID   – Desa Papungan salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana desa yang besarannya Rp 300 ribu untuk setiap Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bacaan Lainnya

Prioritas utama Dana Desa tersebut adalah Bantuan Langsung Tunai yang harus segera diberikan kepada KPM dan Pemanfaatan serta Pengelolaan Dana Desa oleh Pemerintah Desa itu merujuk pada amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022.

Sesuai Peraturan Presiden tersebut, 40 persen Dana Desa di peruntukan untuk Bantuan Langsung Tunai. 20 persen untuk Pembangunan Ketahanan Pangan, dan 8 persen untuk penanganan Covid-19. Sedang 32 persen lainya untuk penanganan kekerdilan (Stunting) dan Pembangunan Kualitas Kesehatan Keluarga, serta, tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Mengacu kepada Perpres Nomor 104 Tahun 2021, tentang rincian APBN Ta 2022 tersebut.

Pemerintah Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, hari ini (17/3/2022), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai tahap ke tiga yang bertempat di Aula Kantor Desa Papungan.

Kepala Desa Papungan, Qudlori, mengatakan, pemberian BLT-DD ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sehingga, menurutnya, bantuan itu dapat meringankan beban ekonomi mereka di masa pandemi.

“Hari ini Desa Papungan menyalurkan BLT Dana Desa tahap ke tiga kepada 108 Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Desa Papungan. Masing-masing penerima, menerima Rp 300 ribu setiap bulannya dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa.” urai Qudlori.

Menurut Qudlori, warga penerima bantuan adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan. “Dalam pemberian BLT, kita tidak asal pilih. Hal ini untuk menghindari adanya data warga yang tumpang tindih dengan penerima bantuan yang berasal dari sumber anggaran lainya, untuk itu kita lakukan proses verifikasi dan validasi data melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang di ikuti oleh seluruh perangkat Desa, RW, RT, BPD dan tokoh masyarakat.”  lanjutnya.

Qudlori berharap, dengan adanya bantuan Pemerintah yang di salurkan melalui BLT Dana Desa tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19 dan pantauan Amunisinews.co.id siang ini, warga dengan tertib mengantri. Mereka tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Nampak Kepala Desa Papungan, menyerahkan uang tunai kepada warga penerima manfaat, di dampingi BPD, pendamping Desa dan Perangkat Desa, dengan di saksikan seluruh warga yang hadir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.