Dinas Pertanian Jombang Gelar Bimtek Pembuatan Pupuk Bokashi Berstandar

Oleh : Arif

JOMBANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Bertempat di Aula UNWAHA Tambakberas Jombang, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pembuatan pupuk bokashi berstandar untuk menunjang kualitas tanah menuju kemandirian petani dalam pertanian berkelanjutan dibuka oleh Plt. Rektor UNWAHA Dr. Fathkulloh. Diikuti PPL, Gapoktan dan Poktan se kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Ir. Much. Rony MM saat dalam sambutanya mengatakan pihaknya mencoba untuk mengapresiasi dan memaksimalkan program Bupati Jombang Berkadang, dimana salah satu program peruntukan dana Jombang Berkadang yang merupakan Otoritas dari desa ini adalah untuk sektor pertanian, artinya dari dana berkadang itu diperbolehkan untuk dalam rangka proses pengambilan kesuburan tanah dan pengendalian hama. Jadi salah satunya yakni pembuatan pupuk bokashi, pengadaan praktikum dan pengadaan pestisida.senin (23/5/22).

“Tentunya harapannya desa nanti ada pemberdayaan pada masyarakat bagaimana nanti dana desa yang memiliki dana berkadang digunakan untuk membeli produk bokashinya pada kelompok masyarakat setempat seperti poktan gapoktan unit pupuk atau bumdes. Dalam pembuatannya akan didampingi oleh penyuluh sehingga harapannya standarisasi untuk bokashi yang berkualitas ini dapat terpenuhi,” terangnya.

Selaku Dinas, memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemahaman secara teknis, bagaimana cara pembuatan pupuk bokashi yang baik, bagus dan berkualitas dengan bekerja sama UNWAHA yang memang telah memiliki MoU di bidang pertanian. Dan Fakultas Pertanian di UNWAHA siap untuk ikut serta melakukan pendampingan sehingga harapannya anggaran yang sudah dialokasikan oleh desa kemudian pemberdayaannya serta poktan gapoktan membuat sampai kembali diserahkan kepada desa dan desa memberikan secara gratis pada petani setempat.

“Sedangkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pupuk bokashi itu ada macam-macam mulai dari bahan organik seperti kotoran hewan,” jelas Rony.

Sementara itu, Plt. Rektor UNWAHA Dr. Fathkulloh menyampaikan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UNWAHA bekerjasama dengan Dinas Pertanian Jombang mengadakan pelatihan pembuatan pupuk Bokashi. Pupuk bokashi merupakan pupuk yang dibuat dari proses fermentasi sekam, kotoran kambing, dan dedak dengan bantuan larutan EM4 serta molase.

“Pupuk bokashi memiliki kelebihan lebih murah dibandingkan dengan pupuk yang ada di pasaran dan memiliki kandungan nutrisi hayati yang baik untuk tanaman. Dengan diadakannya program ini, diharapkan warga dapat mandiri dalam hal pembuatan pupuk untuk pengelolaan tanah pertaniannya dan tetap didampingi penyuluh maupun mahasiswa yang PKM,” tandasnya.

Selanjutnya penyampaian materi bimtek pembuatan pupuk bokashi disampaikan oleh Dr. Ir. Mohamad Hoesain MP Proteksi Tanaman Universitas Jember.

Pos terkait