Diskominfo Gelar Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal dan Cukai Palsu

  • Whatsapp
SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Guna meminimalisir kerugian negara dan peredaran rokok ilegal,Diskominfo gencar lakukan  pencegahan dan pemberantasan peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sidoarjo terus digencarkan. Pihak Diskominfo Kabupaten Sidoarjo, sebagai leading sektor sosialisasi terus turun ke masyarakat.
Sosialisasi gencar dilakukan bertujuan agar masyarakat mengenal ciri-ciri rokok yang legal dan ilegal, agar mengetahui  rokok itu dikatakan palsu, cukai palsu seperti di Balai Desa Banjarbendo Kecamatan Sidoarjo Selasa (5/10/2021).
Sri Warso Yudono, SE. Kasubag SDA. Bagian Perekonomian Setda menjelaskan,sesuai PMK yang baru no. 206 tahun 2021. DBHCHT dibagi 25 % penegakan hukum. 50 % kesejahteraan masyarakat ( 35 % BLT dab 15 % pelatihan2). 25 % untuk Kesehatan terang Yudono di lokasi Selasa (5/10/21)
Untuk penegakan hukum berupa sosialisasi ketentuan dibidang cukai sudah dilaksanakan Kominfo diseluruh kecamatan di Sidoarjo.KIHT sudah proses FS dan pradesign dilaksanakan Koperindag.
BLT melalui Bagian perekonomian  sudah dicairkan kepada 1930 buruh pabrik rokok. ( tahap 1. Maret sampai
Agustus.Tahap 2 akan dilaksakan setiap bulan sampai Desember 2021).
Masih kata Sri Warso Yudono menjelaskan,PMK no.206 tahun 2021 sasaran BLT dan pelatihan-pelatihan diprioritaskan pada karyawan rokok,ujar Sri Warso Yudono.
Yulafreean Dwiandianto perwakilan bea cukai selaku pemeriksa bea cukai ahli pertama bea cukai Sidoarjo saat dikonfirmasi mengatakan,Kami dari kantor mengharapkan ada partisipasi dari warga untuk turut aktif memberikan informasi kalau menemukan adanya indikasi rokok ilegal.
“Baik di tempat produksi maupun pemasaran,keamanan pelapor 100% kita jamin kerahasiaannya bagi yang menginfokan.Dan kita infokan apakah kita share, apakah kita publish terkait laporan tersebut,”terang Yulafreean Dwiandianto.
Pasti kita info lebih lanjut,kan informasi itu tidak akan kita terima mentah mentah.Kita juga ada intelijen ,jadi kita teliti lebih mendalam. Dari informasi itu kita cek dulu kebenaran.Apakah memang ada pelanggaran atau tidak setelah hasil penyidikan.
Salah satu warga yang hadir pak Solikin mengatakan dan bertanya,misalkan disini banyak jual jenis tembakau rajangan, rokok ilegal kebanyakan jualan di pasar tradisional linting sendiri apakah melanggar hukum..?
Masih kata  Sodikin itu jual tembakau itu ada ijinnya apa belum,pakai ijin tidak,yang linting sendiri buat konsumsi sendiri apa melanggar hukum apa bagaimana?
“Peredaran rokok ilegal karena di samping sisi merugikan negara juga berbahaya bagi kesehatan para penghisap rokok itu.Karena ada beberapa kebanyakan rokok ilegal yang berbahaya,”ucap warga yang lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *