Doking PT. Jaya Sejati Dua Diharapkan Banyak Serap Tenaga Kerja

  • Whatsapp

Oleh  Zahari

JAKARTA – AMUNISINEWS.CO.ID – Kepala Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan ( UP3 ) Nusantara Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Mahad mengharapkan, dengan beroperasinya tempat perbaikan kapal motor (doking) PT.Jaya Sejati Dua mampu menyerap banyak tenaga kerja, baik itu yang ahli bidang perkapalan dan repair body kapal.

“Harapan saya setiap ada unit usaha baru yang beroperasi seperti doking kapal, cold storage (tempat penyimpanan ikan segar) dan kapal perikanan mampu menyerap ratusan atau ribuan tenaga kerja dibidang perikanan,” ungkap Mahad didampingi Kasatpel Perasarana, Hasan Syamsuddin saat dihubungi Amunisinews.co.id dan Indonesiaweekly.com beberapa hari lalu, diruang rapat kantor UP3 Muara Angke.

Mahad memberi ilustrasi setiap kapal motor nelayan baru beroperasi menyerapkan 16 orang tenaga kerja. Seandainya ada 100 kapal motor ikan baru beroperasi maka mampu memberikan lapangan kerja ribuan orang.

Secara terpisah, pemilik doking PT.Jaya Sejati Dua, Sudjasmin Sinin menyebutkan, beroperasinya doking mampu menyerap tenaga kerja 200 orang, bahkan bisa mencapai 300 tenaga kerja baru.

“Saat ini doking memperkerjakan sekitar 100 orang lebih bidang perbaikan body kapal dan tenaga ahli dibidang permesinan serta las kapal,” ucap Sinin seraya menambahkan, jika dibuka unit baru untuk teknologi kecepatan kapal motor maka membutuhkan ratusan tenaga kerja baru.

Sinin juga memberikan contoh selama ini kapal motor dari Indonesia banyak membeli peralatan tambahan untuk kecepatan berlayar dari negara tetangga Malaysia dan Singapura, padahal di negara kita juga mampu membuat alat tersebut.

Perbaikan kapal nelayan

Tempat perbaikan kapal motor (doking) milik PT.Jaya Sejati Dua di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, sudah beroperasi secara penuh dan melayani perbaikan kapal motor nelayan.

Sudah puluhan kapal motor nelayan melakukan perbaikan dan perawatan di doking tersebut. Menurut Sinin, perbaikan dilakukan oleh tenaga ahli di bidang repair kapal dan mesin yang perlu perawatan berkala.

Ditanya soal daya tampung doking milik PT. Jaya Sejati Dua, Sinin menjelaskan, enam kapal motor nelayan bisa langsung naik doking secara bersamaan. Alasannya, panjang rel lebih 100 meter dan ada 2 jalur untuk turun naik kapal motor.

Tiap jalur dilengkapi dengan 2 rel alias Doble trek sehingga membuat kapal motor yang melakukan perbaikan dan perawatan lebih aman. Juga dilengkapi dengan lori 8 roda sebagai alat turun naik kapal diatas doking.

Rel ganda pada jalur turun naik kapal motor, jelas Sudjasmin punya keunggulan tersendiri lebih halus, tidak banyak getaran dan kondisi kapal tidak mudah goyang (oleng kiri atau kanan) dan sangat stabil.

Soal ukuran dan grosston (GT) kapal motor bisa naik doking PT. Jaya Sejati Dua, Sinin menyatakan, mulai dari kapal nelayan tradisional sampai kapal nelayan modern siap dilayani, tak terkecuali juga kapal jenis lain yang mencapai tonase 700GT.-

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *