Dokter dan Nakes Puskesmas Gedangan Penuh Semangat Beri Pelayanan Vaksinasi Usai Sholat Tarawih

Oleh : Tama Pratiwi

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19, terbukti dengan antusias masyarakat yang berbondong-bondong mengikuti vaksinasi dosis ke 3. Namun hal ini nampaknya menjadikan tantangan dan semangat tinggi bagi para nakes dan dokter Puskesmas Gedangan. Pasalnya kesiapan dan kepeduliannya dokter dan nakes untuk melayani masyarakat Desa dalam pelayanan vaksinasi tetap dijalankan meski malam hari, usai sholat Tarawih di Balai Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Senin (18/4/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Kepala Puskesmas Gedangan, dr. Barbara Irawaty, kepada Amunisi Selasa (19/4/2022) mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi di malam hari pada senin malam tersebut adalah kolaborasi pihak Desa dan pihak Puskesmas.

“Terkait pelaksanaan malam hari setelah sholat tarawih, itu sebetulnya di jembatani karena banyaknya peminat yang lebih PD (percaya diri) kalau di vaksin malam hari. Sehingga kita sebagai pelayan masyarakat harus siap untuk selalu memberikan yang terbaik, walaupun sebetulnya pagipun kami sudah membuka pelayanan dan tentunya di malam hari, kami juga harus siap berikan pelayanan,” jelas dr. Ira .

Saat di temui di ruangannya dr.Ira menerangkan, “intinya di bulan Suci Ramadhan ini kalau bisa, dibalik kewajiban kita, tetap harus ada kebaikan yang di lakukan, terutama di bulan suci Ramadhan untuk mencari keberkahan. Informasi dari desa sebetulnya kuotanya itu 500, tetapi ditutup yang terakhir sampai 642. Kebetulan tadi malam itu desa Tratap, Kepala Desanya, bapak Sanuri, sudah kordinasi dengan kami,” terang dr. Ira.

Menurut dr. Ira, untuk vaksin yang tersedia pada saat malam itu, adalah vaksin Moderna (Booster). Dia juga menjelaskan bahwa dalam kondisi puasa pun tidak masalah, menerima Booster. Yang penting pada saat itu penerima vaksin dalam kondisi sehat.

“Jadi sebetulnya akan terasa meringankan bagi kami, kalau kita sama-sama pelaksanaannya pagi hari, karena tidak ada yang mengkhususkan untuk vaksin booster itu dilaksanakan pada malam hari. Tapi karena permintaan pihak desa, sehingga sebagai satu Kecamatan kita juga harus support program tersebut. Sehingga kita siap untuk diperbantukan di malam hari dan tentunya di support juga dari tenaga Polresta Sidoarjo. Dan untuk Puskesmas Gedangan para nakesnya sepertinya memang siap lahir batin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Walaupun sudah lelah yang penting senang dan mendapat suport dari Desa,” pungkas mantan Kepala Puskesmas Wonoayu tersebut.

Pos terkait