Edukasi Kerja Nyata Produsen Kapal, Cetak Siswa Pengalaman Bekal Lulus Sekolah

Oleh: Tama Pratiwi

SIDOARJO, AMUNISINEWS.CO.ID – Praktek kerja nyata dalam edukasi juga sangat diperlukan selain teori. Salah satunya edukasi (pendidikan) di sekolah harus ditunjang praktek kerja di lapangan (on the job training). Seperti yang dilaksanakan enam siswa SMKN 3 Buduran menggandeng PT. Fiberboat Indonesia, produsen pembuatan kapal di Sidoarjo yang beralamat di pergudangan Safe n lock Lingkar Timur, Sidoarjo ini, menerima on the job training bagi siswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja nyata.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama PT. Fiberboat Indonesia Muhammad Zainal Arifin saat dikonfirmasi wartawan, Senin (07/03/2022) mengatakan, terkait siswa-siswi PKL atau tepatnya On The Job Training, disini kita bisa mengenalkan dan mempraktekkan bagaimana proses awal pembuatan kapal atau perahu. Mulai dari buat desain (2 Dimensi dan 3 Dimensi) lalu mereka praktekkan pembuatan produk secara langsung untuk kapal berbahan fiberglass atau aluminium.

“Jadi disini mereka bisa mengetahui langsung proses pembuatan kapal, yang mana edukasi teorinya sudah didapat di sekolahan,” ujar Zainal.

Harapan kami, sambungnya, setelah melaksanakan magang (On the job training) mereka bisa menerapkan ilmu yang didapat selama praktek dan bisa bekerja sesuai bidangnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Perkapalan, Perguruan Tinggi Jurusan Perkapalan dan sekolahan SMK Perkapalan yang mana telah mengirimkan mahasiswa dan siswa-siswinya guna melaksanakan prektek kerja disini. Semoga selepas mereka lulus sekolah bisa mecari kerja dimanapun sesuai bidang yang digelutinya,” pungkas Zainal.

Salah satu siswa magang, Rendy Tri Novando, yakni dari SMKN 3 Buduran jurusan kontruksi kapal baja kelas Sebelas yang sedang melaksanakan On the job training, ketika ditemui Amunisinews.co.id, Senin (7/3/2022) di workshop milik PT. Fiberboat Indonesia mengatakan, waktu tidak ada pekerjaan, kita tidak ada kegiatan. Hanya membuat miniatur.

“Sebelumnya saya belum pernah tahu bagaimana cara buat kapal. Bahan-bahan buat kapal jenisnya fiberglass, atau baja juga baru tahu disini, sejak mulai (magang-red.) Februari (2022) awal,” kata Rendy.

Dia berharap kerja sama antara PT. lebih ditingkatkan agar lebih mudah mendapatkan On the job training ditingkatkan kerja samanya.

“Dan ditingkatkan kerja samanya untuk menampung lulusan-lulusan, khususnya yang melakukan On the job training sesuai bidangnya,” pungkas Rendy Tri Novando.

Zarkasih Hendri Kholili Amd selaku Manajer Produksi PT Fiberbiat Indonesia menambahkan, terkait On the job training ini, untuk pihak sekolah biasanya ke sini saat pengajuan kerja sama by surat.

“Nanti kita lihat kapasitasnya perusahaan berapa orang, kalau kelebihan biasanya kita tolak,” imbuh Zarkasih.

Masih kata Zarkadih, disini kita biasanya mengerjakan kapal patroli, kapal penumpang, juga kapal pariwisata dan kapal nelayan.

“Mulai dari nol, untuk pembangunannya dari awal sampai finishing biasanya dua bulan,” terangnya.

Manajer Produksi PT Fiberboat Indonedia itu pun berharap, semoga anak-anak bisa belajar riilnya, bukan hanya teori saja. “Riilnya di lapangan itu secara praktenya bagaimana,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.