ETLE Di Tol Berlaku Juga Untuk Plat Khusus RFS Dan RFQ

Oleh : Red

JAKARTA, AMUNISINEWS.CO.ID – Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berlaku di 7 ruas jalan tol Jakarta mulai Jumat (1/4/2022). Seperti ETLE di 13 ruas jalanan Jakarta, tilang juga berlaku bagi seluruh kendaraan tanpa terkecuali. Termasuk kendaraan berpelat nomor khusus seperti RFS dan RFQ.

Bacaan Lainnya

“Semua berlaku termasuk RFS sama seperti ganjil genap. Kami akan kirim ke instansi yang tertera di alamat kendaraan tersebut,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (29/3/2022).

Penilangan melalui kamera ETLE berlaku 24 jam. Tilang juga akan dikenakan bagi pelanggar kecepatan dan pelanggar beban muatan.

Kamera ETLE pelanggaran kecepatan disebar di lima ruas jalan tol yakni Tol Jakarta-Cikampek, Tol MBZ, Jalan Tol Sedyatmo ke arah Bandara Soekarno-Hatta, Jalan Tol Dalam Kota, serta Jalan Tol Kunciran Cengkareng. Sementara, dua tol yakni Tol JORR dan Tol Jakarta-Tangerang untuk pelanggaran batas muatan atau ODOL (Over Dimension Over Loading).

Apabila kendaraan melaju di atas 100 km per jam maka akan otomatis tercapture kamera ETLE. Pelanggaran terhadap batas kecepatan dikenakan Pasal 287 ayat 5 UULAJ dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp 500 ribu.  Sedangkan, kendaraan melebihi muatan khususnya angkutan barang akan dikenakan Pasal 307 UULAJ dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp 200 ribu.

Diberitakan, Korps Lalu Lintas Polri berkolaborasi dengan Jasa Marga dalam menerapkan pengawasan lalu lintas berbasis Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE di jalan tol.

Sementara, Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengatakan bahwa kerjasama Korlantas Polri dan Jasa Marga ini adalah sebuah inovasi baru dalam penegakan hukum berbasis ETLE, khususnya di jalan tol. Kamera akan memantau pelanggaran overload dan batas kecepatan.

”Saat ini sudah ada di tujuh titik untuk WIM (Weight in Motion), kemudian ada lima titik speedcam. Semua nanti akan terkoneksi dengan ETLE Presisi yang ada di Korlantas. Jadi, kami mulai sosialisasikan,” ujarnya.

Pos terkait