FKMS Gagas Wisata Sejuta Ikan Melalui Program GESIT

Oleh: Titin

MOJOKERTO, AMUNISINEWS.CO.ID – Gerakan Aksi Bersih Terintegrasi (GESIT), adalah salah satu program baru di tahun 2022 Forum Kota Mojokerto Sehat (FKMS). Melalui Gesit ini, Forum bersama jajaran pegiat Kota Sehat diantaranya Forum Komunikasi Kelurahan Sehat (FKKS) tingkat Kecamatan, Pokja Sehat di tingkat Kelurahan, melakukan aksi nyata dalam bentuk kerja bhakti bersana warga.

Bacaan Lainnya

Riani Ketua Forum Kota Mojokerto Sehat berharap, melalui program Gesit ini dapat menggerakkan warga untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu titik yang diintervensi oleh Forum adalah Sungai.

“Saya ingin semua saluran di kampung-kampung tidak macet karena sampah. Sungai yang ada di dekat Jl. Protokol terlihat jernih diwarnai dengan berbagai jenis ikan yang kejar-kejaran,” kata Riani saat berada di lokasi bersama Windu Santoso Koordinator tatanan Masyarakat Sehat Mandiri , Imam Hanafie Koordinator tatanan Kawasan Permukiman dan Sarana Prasarana Umum serta seluruh anggota Forum.

Oleh karena itu, forum ingin kemas gagasan tersebut menjadi wisata “Sejuta Ikan”. Untuk aksi awal telah dilaksanakan kerja bhakti di sepanjang sungai Benteng pancasila (Benpas), Minggu (27/2/2022).

Dalam kerja bhakti kali ini Jajaran FKMS juga didukung oleh Tim Tagana dan Perkumpulan Pedagang Benpas, Dinas lingkungan Hidup (DLH) serta Dinas PekerjaanUmum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto.

Selain bersih-bersih sungai, FKMS juga siap melayangkan surat usulan kepada Walikota Mojokerto untuk pemanfaatan lahan kosong dekat Rel Kereta Api menjadi Taman Wisata.

“Ada lahan kosong asset Pemerintah Kota Mojokerto di dekat Rel Kereta Api, menjadi perhatian Forum untuk diusulkan kepada Ibu Walikota Mojokerto. Untuk ini Forum telah membuat Grand Design sebagai bahan pertimbangan untuk dikaji terlebih dahulu oleh OPD selaku tim pembina Kota sehat,” ujar Riani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.