Hj Endang MA: Pemondokan Jamaah Calon Haji Sudah Bagus

  • Whatsapp

 

IMG-20170719-WA0028
Hj Endang Maria Astuti

JAKARTA,AMUNISINEWS.COM-Pengelolaan keuangan haji selama ini sangat tidak tranparan. Untuk itu dengan dibentuknya Badan Pengawas Keuangan Haji, maka harapannya tranparansi pengelolaan keuangan haji menjadi lebih baik.

“Penyelenggaran ibadah haji kan bukan cuma tanggung jawab Kemenag saja. Tanggung jawab pemerintah Indonesia,” tegas Hj. Endang Maria Astuti, S,sg, SH,MH, politukus Golkar  daerah pemilihan Jawa Tengah lV, yang kini duduk sebagai Angota  Komisi Vlll yang membidangi haji kepada jurnalis Amunisinews.com di Senayan, Jakarta, Selasa (18/7/2017)

Menurutnya, Badan Pengawas Keuangan Haji baru saja dibentuk dan disyahkan oleh pemerintah. Dengan terbentuknya Badan Pengawas Keuangan Haji, diharapkan ke depan pengelolaan keuangan haji akan semakin tranparan.

“Selain masalah tranparansi keuangan haji, juga masih banyak yang harus diperbaiki segala macam persoalan penyelenggaraan haji di tanah air. Misalnya antrian pemberangkatan jamaah haji yang masih panjang. Untuk mengatasi antrian pemberangkatan haji yang panjang, maka kouta haji pada tahun 2017 yang jumlahnya 210 ribu masih perlu penambahan,” katanya.

DPR dan pemerintah akhirnya sepakat, Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1438 H/2017 M Rp 34.890.312 atau sekitar 2.617 dolar dengan kurs Rp 13.331.

“Tranportasi haji juga masih menjadi masalah yang perlu diperbaiki.Untuk meningkatkan layanan tranpotasi haji diambil kebijakan dengan tambahan Rp 200.000 per orang, untuk mendapatkan tranpotasi yang lebih baik,” ujarnya.

Untuk pemondokan jamaah haji di Mekah saat ini sudah bagus, bahkan pemondokan yang kelas regular sudah lebih baik dari haji plus.

Pada dasarnya, katanya,  mengenai keamanan jamaah haji di Makah sudah sangat aman. Semua sudut-sudut tempat pelaksanaan ibada haji sudah di pasang CCTV. “Para jamaah haji sendiri juga harus tetap waspada, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,”ujar Hj. Endang Maria Astuti.

Hj.Endang Maria Astuti berharap semua persoalan pelaksanaan ibadah haji harus terus dibenahi, agar pelaksanaan ibadah haji di tahun 2017 menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

(Budi)

 

Pos terkait