Hotman Pane: Walikota Bekasi Konsisten Semangati Toleransi

  • Whatsapp
Panitia perayaan Natal bersama di Bekasi Kota

PERAYAAN NATAL BERSAMA

Panitia perayaan Natal bersama di Bekasi Kota
Panitia perayaan Natal photo bersama di Bekasi Kota

AMUNISINEWS.COM, BEKASI – Walikota dan Wakil Walikota Bekasi merupakan tokoh yang sangat berkomitmen dan konsisten dalam menumbuhkan kebhinekaan cinta damai serta menggelorakan semangat toleransi antar umat beragama.
Hal itu dikatakan Ketua Umum Natal Bersama Hotman Pane saat acara Natal Bersama yang diikuti sebanyak 25 ribu umat Kristiani se-Kota Bekasi dari berbagai Gereja, dan unsur aparatur sipil negara (ASN), TNI, serta Polri, di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (14/1).
Menurut Ketua Panitia Natal Bersama Hotman Pane, pihaknya juga memberikan predikat kepada Walikota Bekasi sebagai Bapak Toleransi Beragama yang pantas didapatkan oleh Rahmat Effendi.
“Sejak tahun 2010, Rahmat Effendi telah merintis dan menggagas kebersamaan antar umat beragama dalam bingkai toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Bekasi,” ujar Pane.
Ditegaskan Pane, Rahmat Effendi juga dinilai selaku Kepala Daerah yang tidak kenal lelah berkeliling di wilayahnya untuk mengajak masyarakat hidup berdampingan, saling toleran, dan bahu membahu bersama membangun Kota Bekasi yang bisa terlihat kini keberhasilannya. Salah satunya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terbaik kedua se-Jawa Barat.
Sementara itu, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan apa yang dilakukannya semata hanya untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang memliki keragaman suku, budaya, dan agama.
“Ini adalah upaya kami selaku Kepala Daerah. Ada 324.000 warga masyarakat sebagian besar umat kristiani, yang tentunya mempunyai hak yang sama sebagai warga negara. Dan saya melakukan upaya menjaga keberagaman ini sejak tahun 2010, sampai dengan hari terakhir kemarin adanya pembentukan Majelis Umat Beragama yang bertugas menjaga heterogensi, toleransi dan pluralisme dan terus kita jaga serta menjadikan keberagaman ini sebagai kekuatan dalam membangun Kota Bekasi,” Jelas Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi.
Pepen juga menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini, namun yang dicari bukanlah penghargaan. “Saya mendasari ini semua, karena sebagai Kepala Daerah, harus berdiri diatas semua golongan“pungkasnya.
Pemerintah Kota Bekasi, lanjutnya berbuat yang terbaik untuk masyarakatnya. Pemenuhan hak warga negara an khususnya warga Kota Bekasi, diaktualisasikan dalam bentuk infrastruktur dan pembangu-nan yang bermanfaat bagi kemakmuran dan kesejahteraan menuju masyarakat yang maju, sejahtera dan ihsan,“ujar Rahmat Effendi dengan ber api-api menutup sam-butannya. Tahapan inilah yang harus kita syukuri,” pinta Rahmat.
Hadir dalam acara perayaan Natal bersama tersebut unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua dan beberapa anggota DPRD Kota Bekasi, Perwakilan Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Barat, Ephorus HKBP Pendeta Erwin Lumban Tobing, Ketua FKUB Kota Bekasi Abdul Manan, Kepala Kesbangpol Kota Bekasi Dinar Faisal Bhadar dan pemuka-pemuka agama lainnya.- *rama

Pos terkait