Jalan Bergelombang Karena Gorong-Gorong Rusak

Oleh : Roesliyani

KETAPANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Kepala Desa Istana, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, memberikan keterangan terkait jalan Desa Istana Dua yang bergelombang karena adanya gorong-gorong jalan. Rabu, (2/2/2022).

Bacaan Lainnya
Saat ditemui di rumahnya Kasto, Kades Istana mengatakan, bahwa jalan bergelombang akibat gorong gorong jalan, di batas rt 020 Sungai Terap Desa Istana tidak kuat lagi menahan beban.

“Dulu Sungai Terap ada jembatan, tetapi ketika jalan di aspal, jembatan di ganti dengan gorong gorong” terang Kasto.

Dan bagaimana cara kerja proyek saat itu, Kades tidak bisa menjelaskan. Intinya jalan ini akses penghubung antara dua kecamatan, ntara Kecamatan Sandai dan Kecamatan Hulu Sungai.

“Tentu jalan ini merupakan jalan utama bagi masyarakat di dua kecamatan. Belum lagi pengguna jalur umum lainnya dan mobilitas masyarakat yang melewati jalan ini cukup ramai. Dengan kondisi jalan cekung bergelombang tentu akan berpotensi memicu hal hal yang tidak kita inginkan. Terutama yang kita khawatirkan, pengguna jalan yang pertama kali melewatinya,” tambah Kasto.

Lanjut kasto, “kami pemerintahan desa tidak bisa mempergunakan  dana desa untuk membangun gorong gorong di sungai terap. Karena ini kewenangan pemerintah kabupaten, jadi harus dana APBD  kabupaten yang harus membangunnya dan saya berharap agar Dinas PUPR Ketapang secepatnya memperhatikan hal-hal ini,’ tutup Kasto.

Suhar, penjual keliling makanan ringan warga Desa Sungai Putri, yang juga salahsatu pengguna jalan tersebut saat ditemui di pasar Sandai membenarkan, bahwa di jalan Istana Dua ada yang cekung bergelombang. Dan dia sendiri sering lupa tentang jalan rusak itu. Karena sebelum sampai ditempat itu jalan aspalnya bagus.
“Kalau memang ada nampak jembatan dari jauh kita pasti tahu, karena ini gorong gorong maka tak nampak dari kejauhan, kalau di situ ada jalan rusak. Setelah dekat baru kita lihat dan tentu kita panik. Harapan saya supaya pemerintah cepat menanggapi dan memperbaiki nya,” pungkas Suhar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.