Jamro Divonis Setahun Penjara

  • Whatsapp
jamro-perkara
jamro

PANGKALPINANG,AMUNISINEWS.COM-Majelis hakim Pengadilan Tipikor kota Pangkalpinang memvonis   mantan bupati Bangka Selatan, Jamro bin H Jalil hukuman 1 tahun penjara. Tidak hanya penjara, Jamro juga diharuskan membayar dengan  Rp 100 Juta.

Sayang putusan ini jauh lebih ringan dibanding tuntutan jaksa dengan 18 bulan penjara. Perbuatan terdakwa dijerat dengan pidana  pasal 12 huruf a UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah dirubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Putusan itu dibacakan hakim pengadilan pengadilan tipikor Pangkalpinang pada Rabu siang (12/10/2016) di ruang sidang Garuda

Majelis hakim  yang diketuai Setyanto Hermawan menilai Jamro bersalah karena telah menerima gratifikasi sebesar Rp 600 Juta dari PT  Dwi Alit Perkasa (DAP) melalui seorang sales yakni Yudistira dalam proyek pengadaan alat operasi RSUD Toboali 2013.

Majelis hakim  menilai terdakwa yang saat itu sebagai kepala daerah  tidak memberi contoh yang baik pada masyarakat serta tidak mendukung pemerintah dalam memberantas korupsi. Namun bagi hakim ada hal yang meringankan dimana terdakwa telah mengembalikan uang gratifikasi tersebut. Terdakwa juga dinilai mengaku terus terang atas kesalahanya itu.

Dalam amar putusan yang dibaca ternyata hakim tak satupun menyinggung soal sumber serta aliran uang bagi keluarga Jamro. Padahal dalam fakta persidangan sendiri terungkap   2 terpidana yakni dr. Franseda dan Yudistira (sales) mengakui ada pihak lain yang juga harus bertanggung jawab karena telah menyediakan sumber utama dana gratifikasi serta pihak-pihak penikmat  aliran gratifikasi tersebut.(man)

 

Pos terkait