Jelang Bahkti Purnawirawan, ICPW: Kapolda NTB Sosok Tetap Pengganti Kakorlantas Irjen Istiono

  • Whatsapp

JAKARTA,AMUNISINEWS.CO.ID – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) akan berakhir masa bahktinya pada bulan Nomber 2021 mendatang. Tentunya, institusi serangam coklat tengah membidik siapa sosok pemimpin yanga akan menggantikan Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Istiono.

Ketua Presidium Indonesia Civilian Police Wacht (ICPW) Bambang Suranto mendorong, sosok yang tepat untuk menggantikan Irjen Istiono usai masa bakti berakhir tersebut adalah, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Polisi) Mochammad Iqbal.

“Dengan kepiwaian pemimpin tangan dingin, Irjen M. Iqbal merupakan sosok yang tetap menerima tongkat komando Korlantas Polri untuk menggantikan Irjen Istiono nantinya,” kata Bamsur, melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, (22/10/2021).

Lulusan Akedemi Kepolisian (Akpol) 1991 itu kata Bamsur, bukan hanya pemimpin yang bertangan dingin saat mengnahkodai anak buahnya usai dipercayakan sebagai pemimpin disalah satu di institusi seragam coklat saja. Namun, eks Kadiv Humas Mabes Polri tersebut, didukung dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni dan memiliki segudang prestasi yang telah diraihnya.

“Selain dibekali dengan Pendidikan Spesialisasi Lalu Lintas di Belanda pada tahun 1996 lalu, Irjen M. Iqbal dikenal sangat humanis dan dekat dengan awak media saat dipercayakan sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya dan Kadih Humas Mabes Polri,” tkmpal Aktivis 98 itu lagi.

Selain itu, sosok pemimpin mantan Kapolrestabes Surabaya dan Kapolres Jakarta Utara itu, beber Bamsur sangat mampu jika dipercayakan untuk menduduki kursi yang akan ditinggalkan oleh Kakorlantas nantinya. Lantaran perpaduan antara bidang kehumasan dan Lalu lintas yang dimiliki Irjen Iqbal, dinilai sangat mampu menahkodai Korps Lalu lintas kedepannya.

“Menghadapi situasi dan isu-isu dibidang kehumasan dalam menyampaikan informasi seputar kasus yang ditangani Polri beliau terlihat sangat santun dan tepat sasaran. Sehingga M.Iqbal merupakan sosok yang tepat menduduki kursi pemimpin di Korps Lalu Lintas Mabes Polri nantinya,” terang Bamsur.

Apa lagi, saat dipercayakan sebagai Kapolda NTB hingga saat ini, banyak sekali gebrakan yang dilakukan oleh jenderal yang memangku bintang dua dipundaknya itu seperti, meredamkan penyebaran Covid-19 pada wilayah kekuasaan yang dipimpinnya saat ini.

“Mulai dari atasi kasus Covid-19, sampai pada keamanan terhadap masyarakat. Jadi, sosok seperti Irjen M.Iqbal inilah adalah sosok yang tepat. Sebab, Korps Lalu Lintas adalah petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan, jadi sudah tepat beliau menahkodai institusi Korlantas Polri kedepannya,” tutup Bamsur.

Dibawah ini adalah Riwayat Pendidikan yang diraih oleh sosok  Irjen Pol Mochammad Iqbal.

Akademi Kepolisian (1991)

Pendidikan Spesialisasi Lalu Lintas di Belanda (1996)

Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) (2000)

Sekolah Staf Pimpinan Kepolisian (Sespimpol) (2005)

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) (2016)

Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng (1992)

Wakasat Lantas Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng (1993)

Kasat Lantas Polres Kota Baru Polda Kalselteng (1994)

Guru Muda I Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang (1996)

Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru Polda Riau (2000)

Wakapolresta Dumai Polda Riau (2003)

Koorspri Kapolda Riau (2004)

Koorspri Kapolda Jatim (2005)

Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya Polda Jatim (2007)

Kapolres Gresik Polda Jatim (2008)

Kapolres Sidoarjo Polda Jatim (2009)

Wakapolwiltabes Surabaya Polda Jatim (2010)

Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya (2011)

Kapolres Jakarta Utara Polda Metro Jaya (2012)

Kabid Humas Polda Metro Jaya (2015)

Analis Kebijakan Madya bidang Dalops Sops Polri (dalam rangka Sespimti)(2016)

Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim (2016)

Karopenmas Divhumas Polri (2017)

Wakapolda Jawa Timur (2018)

Kepala Divisi Humas Polri (2018)

Kapolda Nusa Tenggara Barat (2020).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *