Jelang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke 729 DPRD Gelar Sidang Paripurna

Oleh: Titin / ADV

MOJOKERTO, AMUNISINEWS.CO.ID – DPRD Kabupaten Mojokerto gelar sidang paripurna dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke- 729, Minggu (8/5/2022), di ruang rapat Graha Whicesa gedung DPRD Kabupaten Mojokerto.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Ayni Zuroh didampingi dua Wakil Ketua Setia Puji Lestari dan M. Sholeh serta dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Wakil Bupati Mohammad Al Barra, Sekda Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, jajaran Forkopimda, Kepala OPD serta Camat.

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan keputusan DPRD Kabupaten Mojokerto no.09 tahun 1993 dan keputusan Bupati Kepala daerah tingkat II Mojokerto no.230 tahun 1993 bahwa peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto jatuh pada tanggal 9 Mei.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto setiap tahunnya memperingati hari ulangtahunnya dengan berbagai macam kegiatan termasuk siding paripurna DPRD yang dilaksanakan pada hari ini, dan dilanjutkan dengan upacara peringatan Hari Jadi yang akan dilaksanakan pada hari Senin (9/5/2022),” katanya.

Selaku Ketua DPRD, Ayni zuroh berharap agar momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729 tidak hanya sekedar seremonial formalitas saja. “ Akan tetapi lebih dari itu Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto kita jadikan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah S.W.T atas keberhasilan berbagai program-program pembanguan yang telah kita capai,” terangnya.

Lebih lanjut, Ayni juga mengajak peringatan Hari Jadi ini kita jadikan sebagai momentum untuk mengevaluasi permasalahan dalam melaksanakan program pembangunan yang sampai saat ini belum dapat kita tuntaskan.
“Bahkan masih jauh dari harapan dan cita-cita bersama yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Mojokerto yang lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara, Bupati Mojokerto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Mojokerto atas penyelenggaran sidang paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729.

Selanjutnya, Bupati Ikfina menyampaikan riwayat singkat Hari Jadi Kabupaten Mojokerto telah ditetapkan tanggal 9 Mei 1293. Ditetapkan tanggal 9 Mei tersebut memalui diskusi panjang dengan memperhatikan berbagai fakta sejarah terkait peristiwa yang terjadi pada saat itu. Salah satu diantaranya adalah pada saat Raden Wijaya mulai mengatur strategi untuk melawan pasukan Tar-tar untuk kembali dari Kota Kediri ke Mojopahit pada tanggal 2 bulan ke 4 Tarikh Cina.

“Titik waktu ini merupakan titik awal kemenangan dan militer dipihak Raden Wijaya, karena mulai saat tersebut secara bertahap berhasil mengalahkan pasukan Tar-tar. Dalam Tarikh Masehi peristiwa tersebut adalah tanggal 9 Mei 1293,” bebernya.

“Sehingga momentum tersebut dijadikan sebagai konsideran utama untuk membuat keputusan politik DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai Hari Jadi Kabupaten Mojokerto, melalui keputusan DPRD nomor 9 tanggal 8 Mei 1993, tentang penetapan hari Jadi Kabupaten Mojokerto, yang selanjutnya ditetapkan dengan keputusan Bupati Kepala Daerah tingkat II Mojokerto, nomor 230 tahun 1993, tentang penetapan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto,” tambahnya.

Kembali disampaikan Bupati Ikfina bahwa dengan tema Hari Jadi kabupaten Mojokerto ke-729 “Bersama Bekerja Keras untuk Bangkit dan Maju”. “Kami berharap seluruh masyarakat bekerja keras bersama- sama untuk bangkit dan maju di era baru dengan berdampingan covid-19, sehingga terwujud Kabupaten Mojokerto yang lebih maju, adil dan makmur melalui penguatan infrasruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” tegasnya.

Bupati Ikfina juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala daerah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu terwujudnya kembali kegiatan pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

“Kami berharap melaui Peringatan hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729 kita jadikan sebagai momentum untuk lebih memacu diri dan lebih bersemangat menghadapi dan membangun Kabupaten Mojokerto kea rah yang lebih baik,” ungkapnya.

Pos terkait