Kisruh Terjadi di Arena Cabor Tinju PON XX Papua

  • Whatsapp

Oleh: Dedy

JAYAPURA, AMUNISINEWS.CO.ID – Pertandingan tinju di arena PON XX Papua diwarnai insiden pada jumat (8/10/2021). Kisruh tersebut terjadi lantaran kontingen Papua Barat melancarkan protes, setelah merasa dirugikan oleh juri pertandingan.

Kejadian ini bahkan memaksa Ketua Umum PP Pertina (Pengurus Pusat Pesatuan Tinju Amatir Indonesia), Mayjend TNI (Purn) Komaruddin Simanjutak, harus turun tangan. Sang jenderal akhirnya berhasil meredakan kisruh yang terjadi.

Kisruh di arena Tinju PON XX Papua, yang digelar di GOR Cinderawasih, Jayapura, terjadi usai pertandingan Kelas terbang ringan (45-48kg) putri. Dalam pertandingan ini saling berhadapan petinju Papua Barat Merlin Tomalata dan petinju tuan rumah Papua, Hana Kendi.

Wasit dan hakim pertandingan yang bertugas, di akhir pertandingan menyatakan Hana Kendi menjadi pemenang. Keputusan ini dianggap tidak adil bagi kontingan Papua Barat. Mereka yang merasa dirugikan langsung melancarkan protes keras.Mereka melakukan protesnya dengan cukup emosional, sehingga kejadian ini sampai harus mendapatkan pelibatan apparat keamanan. Situasi bertambah menjadi tak terkendali setelah para pendukung Papua Barat juga menimpali kejadian ini dengan melakukan cemoohan tak puas terhadap panitia pertandingan.

Melihat situasi yang semakin tak kondusif, Komaruddin langsung naik ke atas ring untuk mengatasi situasi. Komaruddin menyampaikan himbauan agar semua pihak bisa bersikap tenang. Masalah ini akan ditindak lanjuti dengan meninjau rekaman pertandingan yang sudah terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *