Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto Kunker di Kota Madiun, Bahas Pengendalian Penduduk Sektor KB

Oleh : Titin/ADV

MOJOKERTO, AMUNISINEWS.CO.ID – Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto mengadakan Kunjungan Kerja (Kunker) terkait koordinasi pengendalian penduduk sektor keluarga berencana ke kantor DPRD Kota Madiun, Jawa Timur. Hal ini untuk mengembangkan wawasan serta tugas, fungsi dan peningkatan kapasitas.

Rombongan kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto bidang kesejahteraan rakyat dipimpin oleh H. Ismail Pribadi dari fraksi PDIP diterima oleh perwakilan Sekretariat DPRD Kota Madiun dan perwakilan dari BP2KBP2 Kota Madiun.

Perwakilan BP2KBP2 Kota Madiun menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk di Kota Madiun melalui program keluarga berencana sudah bisa menekan angka laju pertumbuhan penduduk, termasuk kasus stunting cukup terkendali di angka 7,74%.

“Program KB dan stunting cukup baik sehingga kelahiran dan pertumbuhan anak di Kota Madiun semakin baik dan sehat. Serta berhasil menekan sampai di urutan terendah kedua di Jawa Timur,” jelas perwakilan BP2KBP2.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama ini Pemkot Madiun telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah anak stunting seperti intervensi spesifik dan intervensi sensitif.
Kita juga menyoroti persoalan Angka Harapan Hidup (AHH) yang sudah cukup tinggi yaitu di angka 72,41 tahun. Berarti setiap kelahiran di Kota Madiun memiliki harapan hidup sampai usia 72 tahun.

“Saat ini AHH kita masih masuk sepuluh besar di Jatim dan ke depannya kita bisa masuk lima besar atau tiga besar,” ujarnya.

Sementara, H Ismail Pribadi pimpinan Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto apresiasi kepada pemaparan perwakilan BP2KBP2 Kota Madiun. “Kami berterimakasih dan apresiasi atas semua paparannya, kami akan jadikan sebagai bahan evaluasi untuk disampaikan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto agar lebih aktif untuk menekan angka stunting guna terwujudnya Kabupaten Mojokerto yang maju dan sejahtera,” ucap Ismail.

Pos terkait