Lawan Arus dan Melintas di Trotoar, Pengendarea Motor Ditindak

  • Whatsapp
DIRLANTAS-
Dirlantas PMJ Kombes Halim Pagarra

JAKARTA, AMUNISINEWS.COM-Sedikitnya 61 pengendara motor ditindak oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Mereka yang ditindak itu adalah penendara yang neklat melintas di trotoar bagi pejalan kaki. Barang bukti yang disita antara lain SIM sebanyak 36, 24 STNK dan satu sepeda motor.

Sejak pekan kemarin, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memang  meningkatkan kegiatan rutin untuk melakukan penindakan terkait pengemudi sepeda motor yang melawan arus dan melintas di atas trotoar, di Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra mengatakan, petugas langsung menggelar kegiatan penindakan terhadap pelanggaran melintas di atas trotoar di wilayah Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

“Hari ini personel bertugas di Jalan Kebon Sirih untuk menindak pelanggar yang berkendara di trotoar dan melawan arus,” ujar Halim, Senin (17/7).

Dikatakannya, Ditlantas Polda Metro Jaya akan meningkatkan kegiatan rutin penindakan terhadap pengendara yang melintas di trotoar.

“Kami akan tingkatkan kegiatan rutinnya, dan melakukan tindakan kepada pelanggar lalu lintas yang melawan arus serta mengendarai kendaraan di trotoar. Itu dua kegiatan yang kami anjurkan di mana pun,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, lokasi kegiatan penindakannya akan dilakukan bergantian, karena keterbatasan personel. Namun, kegiatan diprioritaskan di tempat yang kerap terjadi pelanggaran kendaraan melintas di atas trotoar dan lawan arus.

“Karena kita kekurangan personel, jadi kita lakukan di tempat yang sering terjadi pelanggaran. Di Kebon Sirih kita turunkan beberapa orang kita sebar. Itu yang melakukan wilayah Pusat (Polres Metro Jakarta Pusat), tapi kita back up dari Polda Metro. Nanti ke depannya juga di Tendean, dan ada lagi beberapa tempat yang sering ada laporan pelanggaran mengendarai roda dua di trotoar,” katanya.

REKA LALIN

Sebelumnya, viral video berisi ketegangan antara aktivis komunitas pejalan kaki dengan pemotor saat aksi selamatkan trotoar jalan di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, menjadi viral di media sosial.

Pada video itu, nampak seorang aktivis yang mengenakan kaos hitam bertuliskan “Selamatkan Pejalan Kaki!”, bersitegang dengan dua pengendara sepeda motor -satu pakai jaket krem dan satunya rompi biru- yang diduga dihentikan pada saat melintas di atas trotoar -melawan arus- di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Bukannya malu telah melanggar, pengemudi motor itu malah marah-marah kepada aktivis komunitas pejalan kaki dengan berdalih jalanan macet.

Si aktivis pun terus menjelaskan kalau yang dilakukan pemotor itu merupakan hal yang salah. Adu argumentasi terjadi. Beberapa warga pun terlihat berusaha melerai karena kedua pemotor itu semakin marah, bahkan pemotor berompi biru sempat membanting helmnya. (ulis/dra)

 

 

Pos terkait