Masjid Al Muawannah Gelar Maulid Nabi SAW

  • Whatsapp
Tausyiah oleh Habib Achmad Al Kaff.
Thausiyah, Habib Achmad Al Kaff.

AMUNISINEWS.COM, JAKARTA — Masjid Al Muawannah menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu Pekan lalu di Komplek  Sekretariat Negara, Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua MUI Jakarta Pusat, Camat Cempaka Putih, Lurah Cempaka Putih, para jamaah dan undangan lain, serta siswa-siswi madrasah Masjid Al Muawannah.

Sedangkan penceramah pihak panitia mendatangkan Rais ‘Aam Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah ala Thariqatin Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya. Namun, karena sesuatu hal, Habib asal Pekalongan, Jawa Tengah  ini berhalangan datang. Ia “mengutus” salah satu muridnya Habib Achmad Al Kaff.

Dalam Thausiyahnya, Habib Achmad mengingatkan makna Maulid sebagai sarana muhasabah tentang kecintaan kita kepada Rasullah, sebagai suri tauladan dan berperilaku sesuai tuntutan syariah. “Sejauh mana ketaqwaan kita dalam menjalankan perintah dan larangan Allah sesuai tuntunan Rasul,” ungkap Habib asal Majalengka, Jawa Barat ini.

Misalnya dalam bersedakah, sholat, puasa dan sebagainya. “Paling penting adalah niat kita dalam beribadah,” ujarnya. Ia mencontohkan dalam sedekah. Jika seseorang ingin bersedekah Rp 1 juta, namun kemampuannya hanya Rp 100.000, “Maka Allah sudah mencatat sedekah kita Rp satu juta,” ungkapnya. Tapi, jangan sampai, kita punya kemampuan Rp 1 juta, tapi sedekahnya hanya Rp 100 ribu. “Itu namanya pelit,” tambahnya.

Masih banyak lagi kupasan-kupasan yang diberikan Habib soal kecintaan terhadap Rasullah. Ia mencontohkan kecintaan para sahabat rasul, seperti Sayidinah Umar. “Kecintaan Sayidinah Umar melebihi harta dan nyawanya,” ungkapnya. Habib berharap, kecintaan kepada Rasullah, ditambah dengan shalawat, semoga di akhirat mendapat syafaatnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Muawannah, Drs. Nurul Hadi MSI, dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih kepada panita dan donator  hingga terlaksananya peringatan Maulid Nabi yang merupakan agenda DKM dalam peringatan Hari Hari Besar Muslim. “Insya Allah, Maulid Nabi menjadi agenda rutin DKM,” ujarnya, seraya mengingatkan masjid Al Muawannah masih membutuhkan donasi dari jamaah dan kaum muslimin lainnya untuk marampungkan pembangunan masjid.

Dalam acara itu juga, diumumkan  pemenang lomba-lomba membaca Al Qur’an, Hafalan Al Quran dan sebagainya dalam rangka memperingati Maulid Nabi oleh siswa madrasah Al Muawannah yang dipimpin oleh Ustad Lukman Hakim BA, sekaligus imam masjid  tersebut.- *lian

Pos terkait