Masyarakat Sambut Baik Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I.R.Kalinilam Ketapang

Oleh: Teguh/ Dedi Sumarni

Ketapang, Amunisinews.co.id – Sejumlah warga Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) menyambut baik proyek rehabilitasi jaringan irigasi D.I.R.Kalinilam, karena saluran parit yang awalnya kecil dan kotor kini menjadi lebar dan bersih, bahkan dapat membendung air di aliran sungai bila mana terjadinya hujan ataupun banjir.

Bacaan Lainnya

Dani adalah salah satu warga setempat yang mengaku banyak memperoleh manfaat atas proyek rehabilitasi jaringan irigasi yang  dikerjakan oleh CV.Cahaya Inspirasi itu. Karena, selain kondisi di desanya semakin baik, ia dan sejumlah warga setempat dilibatkan dalam  mengerjakan proyek tersebut. “Saya bersama masyarakat, khususnya Desa Kalinilam merasa sangat bersyukur desa kami dibangun,” ungkap Dani kepada tim media Amunisi, Sabtu (04/12/2021).

Bentuk apresiasi masyarakat setempat kepada pemerintah bukan tanpa sebab. Karena menurut Dani, sebelum adanya rehabilitasi irigasi itu lahan pertanian milik warga telah lama mati akibat air asin. “Lahan kami sudah sekian lama mati, yang dahulunya tempat kami menanam padi dari sekian hektar rusak dimasuki air asin,” katanya.

Bahkan, sambung Dani, dahulu masyarakat senantiasa memancing, dan menangkap burung di sini, namun sudah belasan tahun kegiatan seperti itu tidak pernah terlihat lagi. “Semoga dengan adanya pembangunan pengairan rehabilitasi jaringan irigasi ini ke depannya bisa mengembalikan seperti sedia kala, dari lahan pertanian kami yang sudah mati selama ini,” ungkap Dani penuh harap.

Diakui Dani, di desanya itu minim pembangunan. Karenanya ia berharap dengan adanya pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi tersebut ke depan akan ada lagi proyek-proyek dari pemerintah yang membangun Desa Kalinilam.

Sementara itu Imran salah satu Pengawas di lapangan saat dikonfirmasi tim awak media Amunisi mengatakan, dari mulainya kegiatan pada bulan 08/2021 lalu dari awal pengikatan besi hingga kini sudah hampir selesai, dengan Dana (DAK) Dana pusat APBD Kabupaten Ketapang.

“Untuk kendala di lapangan tidak ada dikarenakan sebelum kami masuk melaksanakan kegiatan terlebih dahulu kami ijin kepada masyarakat setempat maupun RT/RW serta Kepala Desa Kalinilam, dan saya bersyukur hingga selesai dilancarkan tanpa hambatan maupun halangan,” pungkasnya penuh syukur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.