Metungun : Dibutuhkan Pengawasan untuk Mengubah Pendidikan yang Baik

  • Whatsapp
metuguun-pendidikan
Corneles Metungun. S.Si

MALRA, AMUNISINEWS.COM – Kewenangan yang diberikan Kepada Kepala UPTD, diharapkan dapat meningkatkan pengawasan terhadap para guru dalam berbagai urusan di Kota,  dan menghindari tindakan penangkapan oleh Pol PP.

Hal ini dikatakan Corneles Metungun. S.Si,Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga di Kecamatan Kei Besar Selatan kepada Amunisi, selaswa (10/10) di Ohoi Weduar.

Metungun mengatakan, untuk merobah sistEm Pendidikan yang baik maka sangat dibutuhkan kegiatan pengawasan yang maksimal dan rutin, hal ini dikatakannya terkait dengan adanya pelimpahan 4 (empat) tugas dan kewenangan  oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Maluku Tenggara kepada masing-masing UPTD di 11 (sebelas) Kecamatan yang ada pada lingkup Pemda Maluku Tenggara.

Tujuan pelimpahan tugas dan kewenangan tersebut adalah untuk meningkatkan fungsi dan peranan  masing-masing Kepala UPTD dalam mengawasi penglolaan pendidikan di setiap Kecamatan yang di pimpinannya.  “ Untuk merobah sistim Pendidikan yang baik maka pengawasan sangat dibutuhkan, ” ungkap Metungun.

Dijelaskannya, empat tugas dan kewenangan tersebut diantaranya, Pengurusan kenaikan pangakat, laporan bulanan, kenaikan gaji berkala, dan izin keluar, baik ke luar daerah maupun di dalam daerah diberikan kewenagan untuk pengurusanya harus melalui UPTD masing-masing, ke empat tugas ini harus diproses di tingkat UPTD, dan setelah itu baru dari UPTD akan melanjutkan ke Dinas Pendidikan.

“Jadi kalau empat tugas yang diberikan Dinas kepada UPTD-UPTD di Kabupaten Maluku Tenggara, itu berarti sudah membuat pengawasan ketat terhadap guru-guru dalam berbagai urusan di Kota, sehingga tidak ada guru-guru yang mondar mandir  di kota.” tegas Metungun.

Menurut Metungun, dengan adanya dokumen atau bukti keterangan diri dari masing-masing Kepala UPTD kepada setiap Guru yang  datang beurusan di kota, sehingga dapat mempertegas pula status keberadaan guru yang bersangkutan selama berurusan di kota.

Metungun juga menyambut positif pelimpahan empat tugas dan wewenang tersebut dan sebagai bawahan, pihaknya siap untuk melaksanakan perintah pimpinan  (Byg*81)

 

Pos terkait