Nelayan Tolitoli Daftar Kapal Lewat Online

  • Whatsapp

nelayan daftar onlie

TOLITOLI AMUNISINEWS.COM-Masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten ToliToli kedepan nanti tidak lagi kebingungan untuk mendaftarkan kapalnya yang bermuatan kapasitas 5 GT. Pasalnya dalam waktu dekat ini Dinas Perikanan dan Kelautan ToliToli membukan pendaftaran pendataan kapal dengan sistem berbasis IT (on line).

Hal ini disampaikan Alvred Hidemens. Kasi Perikanan Tangkap Dinas Kelautan ToliToli (5/9/17).

Dia menjelaskan sebelumnya nelayan  saat ini jika akan mengurus izin untuk pendataan kapalnya masih melakukan secara manual dan harus datang di Dinas Perikanan Propinsi yang cukup menguras energi dan waktu,namun kedepan nanti para nelayan yang kapalnya belum terdata bisa terbantukan dengan dibukanya pendaftaran berbasis on line melalui Whast App.

Disinggung untuk sementara pihaknya  terus melakukan turun ke lapangan melakukan sosialisasi ke rumah nelayan guna memperkenalkan program tersebut.Namun baru warga nelayan di wilayah Kecamatan Baolan dulu yang akan dijadikan target sosialisasi pendataan berbasis IT.

“Jika program ini berhasil sosialisasi akan di teruskan kesemua Kecamatan,dan jika berhasil ini baru pertama kali di terapkan di Sulawesi Tengah,” katanya.

Selain itu persyaratan yang harus dilengkapi oleh nelayan pun cukup hanya dengan melampirkan KTP dan di kirim melalui WA call Center yang terdapat dalam aplikasi.

Wahyu ( 46 ) pemilik Katinting Nelayan asal Kecamatan Ogodeide mengaku senang dengan adanya program baru yang akan diberlakukan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan.

Menurutnya tidak perlu lagi bersusah payah mendaftarkan surat izin  perahu katintingnya datang keKantor Perikanan kelautan,sebab cukup dengan mengirim persyaratan KTP dan menekan no call center WA dari rumah perahu sudah terdata dan resmi memiliki izin menangkap hasil laut. (aco amir).

 

 

Pos terkait