Pasca Banjir VGH 2, Kades Satria Mekar Ajak Warga Kerja Bakti Massal

Oleh : Sadeli

Bekasi, AMUNISINEWS.CO.ID- Pasca banjir yang melanda Perumahan Vila Gading Harapan 2 (VHG 2) RW 10, Desa Satria Mekar Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi pada Rabu (19/1/2022) membuat Kepala Desa Satria Mekar, Amben prihatin dan mengajak warga untuk melakukan kerja bakti massal.

Bacaan Lainnya

Kerja bakti yang dilaksanakan pada Minggu (23/1/2022) ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Satria Mekar, Amben dihadiri juga oleh Ketua RW 010 VGH 2, Sutejo, Tokoh masyarakat dan warga setempat.

Kerja bakti kita fokus kepada kali VGH 2 yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah kami, kita menormalisasi kali, melebarkan kali dan membabat pohon yang menahan debit air,”ungkap Kades Amben.

Dalam hal ini semua pihak baik warga maupun pemerintahan setempat berharap agar ke depan dapat lebih diwaspadai terhadap bencana banjir di wilayah VGH 2, dengan memperbaiki, merawat serta menjaga lingkungan agar dapat meminimalisir atau terhindar dari bencana banjir akibat meluapnya debit air atau aliran air di kali.

“Kita datang kesini untuk menampung keluhan warga Perumahan VGH 2 sekaligus saling bahu membahu menanggulangi bencana banjir, kalau bukan kita semua siapa lagi yang menjaga lingkungan kita ini,” tambah Kades Amben di sela-sela membantu kegiatan.

Sementara itu Ketua RW 010, Sutejo yang tampak antusias memberikan arahan kepada warganya untuk hadir mengikuti kerja bakti massal ini dikarenakan jangan sampai terjadi lagi banjir paling tidak meminimalisir banjir yang terjadi di VGH 2.

“Semoga saja dengan usaha kami ini, bisa menghindari bencana banjir di wilayah kami, dan pihak pemerintah kabupaten bisa lebih tanggap mengatasi masalah banjir di wilayah kami, dan semoga dinas-dinas terkait bisa lebih cepat untuk memperbaiki pintu air dikarenakan tidak dapat dibuka sehingga menahan debit air, penyebab banjir yang terjadi di wilayah kami,” ujarnya.

Antusias warga dalam kegiatan ini sangat bagus dilihat dari jumlah orang yang turut serta kerja bakti, dengan membawa peralatan seperti cangkul, sabit, dan golok. Dengan peralatan yang dibawa warga masyarakat mulai membersihkan rumput dan tanaman yang tumbuh liar di area kali.

“Ada yang memotong tanaman yang tumbuh liar dengan menggunakan sabit, ada juga yang membersihkan rumput dengan cangkul. Sebagian lainnya mengumpulkan rumput dan batang pohon yang kering untuk dibakar, ujar Syatin, Humas RW 010.

Dengan semangat kebersamaan hasilnya dibilang cukup memuaskan, area kali dapat dibersihkan dalam waktu singkat, sebelum tengah hari, kerja bakti telah selesai.

 

Tak mau kalah, ibu-ibu PKK, posyandu, senam VGH2 yang dikomandoi Ketua PKK Satria Mekar Tuti Nurhayati mengadakan dapur umum di kantor Sekretariat RW untuk warga yang melakukan kerja bakti.

Suasana begitu ceria tanpa ada rasa lelah. Di antara mereka, ada yang masak nasi dan masak lauk pauk. Mereka sesekali mengubah posisi duduk. Bila awalnya lesehan, mereka berubah bersila hingga selonjoran. Berlama-lama duduk memang bisa membuat kaki kram. Kegiatan dapur umum ini juga dilakukan pada banjir Rabu kemarin.

“Pada banjir kemaren Kita menyiapkan ratusan bungkus nasi untuk dibagikan ke warga, Alhamdulillah kegiatan ini berjalan sukses,” ujar ketua PKK.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.