Pawai Obor Sambut 1 Muharram 1438 H di VGH 2

  • Whatsapp

BEKASI, AMUNISINEWS.COM—Kegiatan pawai obor memeriahkan pergantian tahun baru Islam 1438 Hijriah tahun 2016 Masehi, dilakukan ratusan anak-anak Vila Gading Harapan 2 (VGH 2), RW 10, Desa Satri Mekar, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (1/9/2016) malam.

Acara pawai obor tersebut terlihat keceriahan warga VGH 2 dalam menyambut tahun baru. Ini selalu dilakukan di setiap tahunnya. Tua muda hingga anak-anak turun ke jalan untuk mengikuti acara tersebut.

Dalam pawai itu, masing-masing anak memegang obor yang sudah disediakan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Alhidayah dan suasana semakin hidup ketika tabuhan marawis bergema disepanjang perjalanan.

“Kegiatan ini rutin dilakukan namun untuk kali ini kita lakukan dengan meriah,” kata Ketua DKM Alhidayah, Mahfud.

Mahfud menambahkan, dalam acara yang dilakukan ini, ada ratusan warga yang mereka undang selain undangan tertulis, mereka juga mengundang secara terbuka.

Sebelum melakukan pawai obor, anak-anak berkumpul di lapangan Masjid Alhidayah untuk diberikan pengarahan agar tidak bercanda dan berhati-hati membawa obor.

Usai pawai obor keliling komplek, ratusan warga dan anak-anak kemudian berkumpul di lapangan bulutangkis RT 02 untuk melanjutkan acara pengajian bulanan.

Sebelum acara dimulai santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Alhidayah membacakan ayat suci Alquran. Untuk penghibur, santri juga menampilkan marawis.

Pada kesempatan itu juga TPQ Alhidayah yang dipimpin Ustadz Mahfuddin dan TPQ Ar Rosyid yang dipimpin Umi Wiwi Rahayu memberikan hadiah bagi santri berprestasi.

Ketua RW 10, Bowo Suryanto dalam sambutannya mengatakan merasa terkejut dan terharu melihat antusias warga dalam menyambut Tahun Baru Islam begitu bersamangat.

“Semoga di tahun baru 1438 Hijriah ini warga VGH 2 diberikan kerukunan dan kedamaian,” ujarnya.

Sedangkan Ketua DKM Alhidayah, Mahfud mengatakan, acara yang dilakukan ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap Islam, dan mengajak seluruh warga untuk memakmurkan masjid.

“Mari bapak-bapak kita makmurkan masjid dengan solat berjamaah, mengikuti pengajian bulanan bersama Ustadz Widodo dan pengajian setiap Minggu pagi bersama Ustadz Taufiqqurahman,” ujar Mahfud.

Ustadz Widodo dalam tausiahnya mengatakan, Tahun baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijriah ini merupakan momen yang sangat tepat bagi segenap para kaum muslim untuk memperbaiki diri sebagaimana hal itu telah dicontohkan oleh baginda Rasulullah Muhammad SAW.

“Mari kita memaknai tahun baru hijriah ini untuk lebih memahami dan menyadari posisi, peran dan misi kita sebagai muslim di semua tataran kehidupan yang kita hadapi ini,” ujar Ustadz Widodo.

Sementara itu Ustadz Taufiqqurahman mengatakan, momen pada tahun baru Islam ini juga merupakan suatu sarana dalam memperkokoh tali persaudaraan kita (ukhuwah Islamiah) sehingga kita bisa menghindari diri dari berbagai perbedaan, pemahaman yang pastinya akan menimbulkan perpecahan sesama umat Islam.

“Sebagai insan muslim, kita juga jadikan momentum tahun baru islam ini untuk introspeksi diri atau bermuhasabah atas apa yang telah kita lakukan tahun-tahun sebelumnya untuk senantiasa memperbaiki diri menuju yang lebih baik,” pungkas ustadz Taufiqqurahman.

Sebelum acara ditutup, Ustadz Widodo membacakan doa semoga pada tahun baru ini umat Islam dimanapun berada diberikan kebahagiaan yang lebih dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  d2n

Ustadz Taufiqqurahman dan Ustadz Widodo memberikan tausiah
Ustadz Taufiqqurahman dan Ustadz Widodo memberikan tausiah
Ustadz Mahfuddin dan Ketua DKM Alhidayah, Mahfud memberikan kata sambutan
Ustadz Mahfuddin dan Ketua DKM Alhidayah, Mahfud memberikan kata sambutan
Undangan yang hadir
Ketua RW 010 (3 dari kiri) bersama undangan yang hadir

Jpeg

Umi Wiwi Rahayu memberikan hadiah bagi santri berprestasi.
Umi Wiwi Rahayu memberikan hadiah bagi santri berprestasi.

Pos terkait