Pejabat Teras Kabupaten Bogor Katakan PPK Tidak Boleh Lepas Tanggung Jawab

Oleh : Lambas

BOGOR, AMUNISINEWS.CO.ID – Proyek Pembangunan Taman Inspirasi Kantor DPRD Kabupaten Bogor, semakin dipertanyakan banyak pihak melihat adanya kecurigaan, yang konon merugikan negara. Terlebih pernyataan Pak Acep selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada pembangunan taman inspirasi dibeberapa media menyatakan, beliau sudah lepas tanggung jawab setelah pembangunan taman inspirasi selesai, apalagi sudah dilaporkan kepada PA (Pengguna Anggaran) dan bukan ranahnya lagi.

Bacaan Lainnya

Awak media Amunisinews mencoba mengklarifikasi kepada salah satu pejabat teras di Kabupaten Bogor (tidak ingin menyebut identitasnya) terkait tugas dan fungsi seorang PPK dalam proyek yang diawasinya, di ruang kantornya Selasa (29/3), menyatakan, bahwa seorang PPK tidak ada kata lepas tanggung jawab sampai pekerjaan tersebut selesai diaudit oleh BPK dan dinyatakan sudah sesuai dengan Kontraknya atau tidak adanya temuan kerugian negara dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut.

“Jadi itu tidak benar, kalau dia menyampaikan sudah lepas tanggung jawab, kemungkinan dia tidak paham, akan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsinya) sebagai PPK,” kata pejabat itu.

Beliau juga menjelaskan bahwa hal tersebut sering terjadi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, di karenakan banyaknya para pejabat yang menjabat tidak sesuai dengan basic-nya.

Menyoal adanya kerusakan fasilitas taman inspirasi tersebut, lanjut beliau, “nanti pihak pelaksana akan disurati dan segera disuruh untuk memperbaiki karena masih dalam masa perawatan.” tutupnya.

Dengan adanya penjelasan dari pejabat tersebut, diduga ada indikasi Pak Acep berusaha menghindar dari tanggung jawab sekaligus berusaha membohongi publik.

Senada dengan pejabat tersebut, salah satu masyarakat yang juga tidak ingin disebutkan namanya, meminta agar hal inipun menjadi perhatian Bupati Bogor, “ketika mengangkat seorang pejabat dijajaranya harus lebih melihat basic-nya, supaya hal serupa tidak terulang lagi dan demi terlaksananya roda pemerintahan yang baik, juga kesejahteraan bagi masyarakat Bogor,” tegasnya.

Pos terkait