Pembagunan Infratruktur Ibukota Kecamatan Kebes Perlu Ditinjau Kembali

  • Whatsapp
aksi solidaritas- fran putnarubun- nasional
Aksi Solidaritas Masyarakat Adat Uwat

AMUNISINEWS, Maluku Tenggara  : Salah satu bentuk aksi solidaritas yang dilakukan oleh Forum Masyarakat Adat Uwat ( FMAU ), yang berlasung di depan gedung DPRD kabupaten dan Depan kantor Bupati Malra, Senin (29/08/16) guna bertujuan untuk menyikapi pembangunan Infratruktur Ibukota kecamatan Kei Besar utara barat

Sesuai dengan pantauan AmunisiNews, aksi solidaritas yang berlangsung di depan Pemkab Malra, dalam hall ini Ismail.Namza yang bertindak selaku koordinator aksi Mengatakan kepada DPRD dan Pemkab Malra agar dapat mempertimbangkan pembangunan Infratruktur Kei Besar Utara barat Uwat Reyaan dan sebelah selatan Ohoi Mun Ohoiir ( Warin Vav ).

Pernyataan sikap yang ditujukan kepada Ketua DPRD Kabupaten Malra dan Bupati Kabupaten Malra, adapun empat poin pernyataan sikap tersebut diantaranya :

Menolak dengan tegas rencana Pemkab Malra membangun kantor kecamatan Kei besar utara barat sebelah utara Ohoi Uwat Reyaan dan sebelah selatan Ohoi Mun Ohoiir ( Warin Avav ).

Pembagunan Ohoi juga harus senantiasa memperhatikan hak – hak masyarakat setempat, seperti yang tertuan dalam UU-RI NOMOR 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah.

Kepada Pemerintah daerah agar melaksanakan Pembagunan kantor kecamatan Kei besar agar sesuai dengan kesepakatan masyarakat Adat Ohoi Uwat yaitu ; sebelah selatan dan sebelah utara, sesuai dengan kesepakatan masyarakat setempat.

Apabilah pernyataan sikap ini tidak ditindak lanjuti maka kami akan melakukan aksi dengan format yang berbeda, seperti dengan semua potensi – potensi yang kita miliki.

Lebih lanjut dikatakan oleh Ismail.Namza bangsa yang besar adalah bangsa yang sangat menghargai jasa parah pahlawan – nya. .

Menurut Moh.Nanawi.Namza dalam aksi tersebut mereka sanggat mengharapkan agar masyarakat dapat melestarikan adat – istiadat sehingga masyarakat dengan sendirinya akan dapat menghargai parah leluhur

Proses pemekaran Kabupaten Kei Besar Utara Barat oleh Pemerintah Maluku tenggara dimulai dari Ohoi Wer, Ohoi nam dan Ohoi Wear, Namun pada proses pembangunan Infratruktur dalam penunjang pelayanan dan aktifitas kecamatan sampai sejauh ini masyarakat belom cukup merasakan pelayanan Infratruktur kantor kecamatan yang kunjung belom terlaksana

“Sampai dengan saat ini pembagunan kantor Kecamatan Kei Besar Utara Barat Tidak terlaksana, Harapan masyarakat Kei Besar Utara Barat agar Pemkab dapat memberikan ketegasan dalam menentukan lokasi dan wilayah kantor kecamatan, disisi Laen DPRD Malra seakan – akan menutup mata dari semua persoalan,” Ungkapnya • FP-19

Pos terkait