Pemdes Selorejo Gelar VaksinasiI Dosis Lengkap Dan Lanjutan (Booster)

Oleh: Dwi Armanto

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Pemerintah berkomitmen untuk terus mendistribusikan stock vaksin Covid-19 ke berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo, agar penanganan pandemi berjalan lancar, cepat dan merata di seluruh daerah-daerah. Sementara, vaksin yang didistribusikan ke berbagai daerah, akan tetap diawasi dengan melakukan sampling berbasis risiko di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM tingkat Propinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Guna mendukung Program Vaksin Nasional tersebut, Pemerintah Desa Selorejo, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, bekerja sama dengan Puskesmas setempat, Rabu (23/02/2022) menggelar acara vaksinasi yang diadakan di Balai Desa Selorejo. Kepala Puskesmas Selorejo, dr.Zuniarsih, kepada media ini menyampaikan jika kegiatan yang di gelar kali ini adalah vaksin dosis lengkap dan booster.

“Vaksinasi kali ini meliputi dosis satu, dua atau dosis primer dan dosis lanjutan atau booster. Ada sejumlah warga yang belum divaksinasi. Beberapa dari mereka memiliki riwayat penyakit penyerta dan diantaranya lanjut usia. Untuk yang lainya adalah pelaksanaan vaksin jadwal lanjutan,” urai dr. Zuniarsih.

Dokter yang juga sebagai kepala Puskesmas di Kecamatan Selorejo ini menyebut ada 3 jenis vaksin yang saat itu siap disuntikan, yaitu astrazeneca, sinovac dan booster. Dengan target menyasar 260 orang.

Sementara itu, Kepala Desa Selorejo, Edy Subiantoro, mengajak warganya yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster, terutama pada lansia agar segera melakukan vaksinasi.

“Mengingat faktor risikonya yang tinggi, kami menghimbau kepada masyarakat yang memang belum divaksinasi ataupun vaksinasinya belum lengkap, agar secepatnya dilengkapi. Jangan menunda dan jangan pilih-pilih vaksin, karena vaksin terbaik adalah vaksinasi yang di lakukan sekarang juga,” ungkapnya.

Edi menyampaikan, cakupan vaksinasi di Desanya sudah sesuai dengan target kekebalan kelompok yakni mencapai 75% lebih, “Dari populasi atau jumlah warga, cakupan vaksinasinya mencapai 75% di tambah jumlah perolehan vaksinasi hari ini,” pungkasnya.

Masyarakat nampak sangat antusias mengikuti Vaksinasi yang di gelar oleh Pemdes Selorejo, sejak pagi. Mereka hadir lebih awal. Meski harus rela mengantri mereka tetap tertib dan mengikuti protokol kesehatan dan memakai masker serta menjaga jarak.

Ada beberapa tahapan yang harus di lakukan oleh peserta sebelum di suntik vaksin. Peserta satu persatu mendaftarkan diri, berikutnya peserta akan dicek oleh petugas pada bagian skrining. Pengecekan tersebut meliputi suhu tubuh, tensi darah, diagnosa batuk dan pilek, serta ukur tinggi dan berat badan dan apabila petugas menyatakan sehat dan memenuhi persyaratan, berikutnya peserta menunggu giliran untuk di vaksin.

Pantauan Amunisinews.co.id, giat vaksinasi yang dimulai pukul 08.00 hingga 14,00 tersebut melibatkan 11 tenaga kesehatan (nakes). Mereka terdiri dari 1 orang Dokter, 8 Bidan dan 2 vaksinator. Selain itu, Pemdes Selorejo juga melibatkan sejumlah 47 tenaga relawan untuk membantu pelaksanaan vaksinasi. Mereka dari kader PKK, seluruh perangkat Desa, BPD, Ketua RW/RT, Karang Taruna dan Linmas.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut, Camat Selorejo, Mustofa, Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Selorejo. Mereka melakukan pendampingan dan pengamanan jalanya Vaksin. Hingga selesai pukul 14.00, dan pelaksanaan vaksinasi Desa Selorejo berjalan kondusif dan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.