Pemkab Wujudkan Integritas dan Bebas korupsi

  • Whatsapp

received_1282521508425720

AMUNISINEWS, MALRA – Bupati Maluku Tenggara Dr Yunus Serang pada acara deklarasi zona integritas menuju wilayah yang bebas korupsi ( WBK ), dan wilayah birokrasi yang bersih / melayani di lingkungan Kementrian Agama Maluku Tenggara, Rabu (7/8) menganggap acara tersebut sangat penting.

“Integritas menuju wilayah yang bebas korupsi ( WBK ), wilayah yang bersih dan melayani ( WBK ), deklarasi dan momentum sangat penting dan strategis bagi kementrian agama kabupaten Maluku tenggara dalam menata dan membangun kelembagaan yang semakin responsif dan adaptif, terhadap berbagai perubahan lingkungan stratejik Pemerintahan, perubahan yang mencakup tuntutan masyarakat yang menghendaki birokrasi pemerintahan yang bersih, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme ( KKN ), serta senantiasa mengedepankan pelayanan,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Yunus Serang bahwa besar kita adalah bagaimana mengubah karakter aparatur kita dari Budaya dan ciri korupsi, berbelit – belit, apatis, tidak inovatif dan berorientasi menjadi budaya melayani proaktif dan inovatif serta akuntabel mengemban tugas dan tanggung jawab.

Menurutnya, karakter dan budaya aparatur dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan beribawah. Sebagus apapun sistem tanpa disadari karakter SDM pelaksananya, maka mustahil rasanya untuk dapat wujudkan apa yang kita inginkan.

“Membangun budaya dan karakter sebagaimana yang dimaksud, membutuhkan proses dan tahapan yang panjang, namun hal ini harus kota tempuh mengingat masyarakat kita semakin kritis dan terus menerus menuntut peran Pemerintah dalam memberikan pelayanannya,tegasnya.

Dalam berbagai kesempatan dan agenda Pemerintah lainnya, saya selalu mengingatkan agar sedini mungkin ditanamkan pendidikan karakter akan pentingnya perang melawan korupsi pada pendidikan formal dan informal, minimal pada diri kita sendiri yakni  ‘budaya malu’untuk melakukan korupsi.

“Kita yang ada pada saat ini tentu sepakat bahwa tindakan dan perilaku korupsi adalah musuh kita bersama, karena dalam aspek yang luas mengancam sendi – sendi berbangsa dan bernegara, apa yang saya kemukakan menjadi harapan dan komitmen bersama pula dari segenap pimpinan dan jajaran kementrian agama kabupaten Maluku Tenggara. Harapan ini adalah tidak lain bertujuan untuk mewujudkan cita -cita masyarakat Maluku tenggara yang sejahtera,” ungkapnya • FP-19

Pos terkait