Pemkot Surabaya dan HIPMI Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan UMKM

  • Whatsapp

Oleh: Irman

SURABAYA-AMUNISINEWS.CO.ID-Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyambut baik keinginan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berkolaborasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Wali Kota Eri mendorong agar HIPMI Surabaya mempunyai program-program yang bisa dikerjakan bersama dengan pemkot. Output dari program tersebut, diharapkan dapat memulihkan perekonomian seiring melandainya kasus Covid-19.

“Saya ingin ada sebuah kolaborasi yang bisa dijalankan bersama pemkot. Saya yakin panjenengan (HIPMI) punya kemampuan lebih untuk membuat program yang bermanfaat bagi masyarakat dan UMKM Surabaya,” kata Wali Kota Eri saat menerima audiensi HIPMI Surabaya di ruang kerjanya Balai Kota Surabaya, Selasa (2/11/2021).

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga ingin, agar pengusaha muda yang tergabung di dalam HIPMI nantinya bisa membantu UMKM Kota Surabaya. Misalnya, membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Selain itu, ia juga meminta HIPMI menggandeng anak-anak muda Kota Surabaya agar lebih produktif.

“Saya harap nanti HIPMI bisa menarik gerbong masyarakat terutama anak-anak muda juga. Seperti membantu dengan menyediakan Coworking space untuk bekerja, atau membantu memasarkan produk UMKM melalui digital. Saya siap support,” katanya.

Dalam audiensi itu, Wali Kota Eri mengungkapkan, sejauh ini Pemkot Surabaya mulai terbuka dan siap menghadapi perubahan zaman. Oleh sebab itu, ia berharap HIPMI bisa memberikan saran dan masukan untuk memajukan perekonomian di Surabaya agar menjadi lebih baik lagi.

“Jadi silahkan nanti diusulkan apa saja programnya, masukannya apa saja, monggo (silahkan) dibuat programnya. Saya ingin cepat, kita kan anak muda-muda, harus cepat,” imbuhnya.

Di tempat yang asama, Ketua HIPMI Badan Pengurus Cabang (BPC) Surabaya, Muhammad Lutfi menyatakan, bahwa pihaknya ingin membantu dan mengangkat perekonomian di Kota Surabaya. Salah satu caranya yakni, dengan mendukung UMKM binaan Pemkot Surabaya, mulai dari mengurus pembiayaan hingga pelatihan.

“Jadi mulai dari perizinan, pelatihan dan pembiayaan UMKM, kita yang bantu. Kita support penuh. Karena saya yakin, SDM yang dimiliki HIPMI itu cukup membantu Pemkot Surabaya,” kata Lutfi.

Oleh sebab itu, pihaknya memastikan bahwa HIPMI Surabaya segera membuat terobosan program baru seperti yang sudah diinstruksikan Wali Kota Eri. Bahkan, dalam waktu dekat, juga akan ada acara lanjutan bentuk dari kolaborasi antara HIPMI Surabaya dengan pemkot.

“Harapannya bisa terus membangun kesinambungan, karena kami ada di Surabaya tentu kami punya tanggung jawab juga dengan Kota Surabaya. Kami ingin perekonomian masyarakat setelah Covid-19 melandai semakin pulih,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *