Pengerjaan Rabat Beton Desa Karangasem Sepanjang 292 M Gunakan DD Tahun 2022

Oleh : Otoy / Darto

PANTURA INDRAMAYU, AMUNISINEWS.CO.ID – Selain fokus dalam pengurasan saluran drainase Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), Pemeritahan Desa (Pemdes) Karangasem, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, juga tetap bergeliat dalam pembangunan Infrastruktur.

Seperti pengerjaan rabat beton, Pemdes Karangasem merealisasikan program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022 berupa pembangunan rabat beton jalan desa dengan Volume panjang 292 meter, lebar 3 meter, dan ketebalan 15 cm dengan jumlah anggaran senilai Rp. 177.103.000,- di Blok Ludoyong RW.004 Desa Karangasem pada hari Rabu (11/5/2022).

Kepala Desa (Kades) diwakili Sekertaris Desa (Sekdes) Karangasem, Rohmat mengungkapkan, dilaksanakannya pekerjaan rabat beton di Blok Ludoyong itu merupakan awal dari pekerjaan Infrastruktur Desa Karangasem yang menggunakan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

“Pekerjaan fisik rabat beton ini merupakan bagian dari pekerjaan fisik yang ada pada APBDes Karangasem tahun 2022, yang sebelumnya berdasarkan dari Musyawarah dusun ( Musdus) hingga Musyawarah rencana pembangunan Desa (Musrenbangdes), “jelas Rohmat kepada amunisinews, Rabu (11/5/2022).

Sedangkan menurut Pendamping Lokal Desa (PLD) Jamali, beberapa waktu yang lalu kepada amunisinews mengatakan, semua pekerjaan pisik yang masuk pada APBDes Karangasem TA 2022 yang menyerap Anggaran DD, itu merupakan pengajuan masing-masing dari dusun melalui Musyawarah dusun (Musdus).

“Awalnya kita laksanakan Musyawarah dusun (Musdus) di semua Dusun yang ada di desa Karangasem, dikarenakan masyarakat dusunlah yang lebih mengetahui pekerjaan fisik yang dibutuhkan, lalu kita bahas pada Musrenbangdes. Kita utamakan dari sisi skala prioritas dan juga melihat anggaran yang ada, “ujar Jamali.

Jamali juga berharap, agar jalan rabat beton tersebut dapat di manfaatkan oleh warga dan juga dijaga agar jalan rabat beton itu bisa bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat Blok Ludoyong RW. 004,’ tambah Jamali.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdes Rohmat, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan, Jamali, Anggota Pol PP Kecamatan Terisi dan Babinkamtibmas, Serka Jinata, Pendamping Desa serta Aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes) Karangasem.

Pos terkait