Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, Siap Berkompetisi di Tingkat Provinsi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar, Herman Widodo, SH. Saat memberikan Penghargaan Kepada Kades Plosorejo Bejananto Sebagai Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten 2020.kamis (19/11)

Oleh, Dwi

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID.- Dalam hal Pembangunan Nasional yang berbasis perpustakaan, Desa Plosorejo kecamatan Kademangan telah terbukti berkontribusi besar dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan.

Tim juri saat menilik Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo

Seperti di ketahui, Perpustakaan Samudra Pustaka Desa Plosorejo, kecamatan Kademangan berhasil meraih Juara 1 pada lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Blitar pada 6 November tahun 2020 mewakili kecamatan Kademangan, Perpustakaan Samudra Pustaka mendapat nilai tertinggi dari nominasi 10 besar yaitu dengan nilai 268,10. di ikuti perpustakaan mawar Desa Klemunan Kecamatan Wlingi dengan nilai 253,90 sebagai juara 2 dan perpustakaan CandilIlmu DesaCandirejo Kecamatan Ponggok sebagai juara 3 dengan nilai 255,40.

Atas dedikasi dan upaya meningkatkan budayabaca di kalangan masyarakat serta inovasi dan kreatifitas dalam pelaksanaan perpustakaan, desa Plosorejo mendapatkan penghargaandari Dinas Perpustakaan dan Arsip KabupatenBlitar.

Penghargaan yang di serahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Herman Widodo,SH Kepada Kepala Desa Plosorejo, Drs Bejananto selaku penanggung jawab perpustakaan Samudra Pustaka, dilaksanakan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Jatilengger pada Kamis (19/11/20).

Pada kesempatan tersebut, Herman Widodo Menyampaikan agar Pemdes Plosorejo untuk tetap terus memotifasi warganya dalam hal menarik minat baca.” Keberhasilan lomba di tingkat Kabupaten ini hendaknya menjadi motifasi untuk di kembangkan agar menjadi lebih baik lagi terutama dalam menarik minat baca masyarakat yang saat ini cenderung menggunakan ITE.” terangnya.

Herman juga menjelaskan jika penilaian lomba Perpustakaan Desa /Kelurahan di lakukanoleh Tim dewan juri yang independen tanpa intervensi Pihak manapun, dikatakanya system penilaian di lakukan dengan terjun Langsung meneliti perpustakaan. Disamping itu tim Juga melakukan audiensi dengan masyarakat serta menilik sejauh mana Perpusdes bias berperan sebagai pusat Kegiatan masyarakat.

Sementara itu,Kepala DesaPlosorejo, Bejananto Kepada Media ini mengatakan, Keberadaan perpusdes Samudra Pustaka berdiri berkat dorongan masyarakat desa yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dari Media buku. “alhamdulilah meski terbilang baru terbentuk,perpustakaan Samudra Pustaka mampu memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat akan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan.Sesuai visi dan misi perpusSamudraPustaka, yaitu, terwujudnya perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi sebagai sarana menuju generasi cerdas berprestasi dan berbudaya.untukitu kami berharap, dengan adanya Perpusdes Samudra Pustaka bias membuat Perubahan pada kehidupan masyarakat yang lebihbaik.”  Pungkas Bejananto.

Menurut data dan Informasi yang didapat, sebagai penunjang sarana dan prasarana seluruh kegiatan dan keberadaan Perpustakaan Samudra Pustaka inia dalah menggunakan dana desa tahun 2020. Atas Keberhasilan tersebut, di pastikan Desa Plosorejo akan mewakili Kabupaten Blitar untuk berlaga pada lomba serupa di tingkat Provinsi.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *