Persiapan PTM UMSIDA Selenggarakan Vaksinasi Dosis Kedua

  • Whatsapp

Oleh: Tama Pratiwi

SIDOARJO,AMUNISI – Untuk kedua kalinya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan vaksinasi sebanyak 2500 fial.Selasa(14/9/2021).Guna membentuk herd immunity vaksinasi Covid -19 dosis ke dua ini,diperuntukan bagi mahasiswa, dosen dan keluarga dosen.

Ditemui Amunisi diruangannya Ketua UMSIDA Covid Command Center, Eko Hardiansyah, M.psi, saat dikonfirmasi mengatakan,saat ini kita sedang mengadakan vaksin dosis ke-2 sebagai syarat program vaksinasi nasional itukan minimal untuk Sinovac harus di vaksin minimal 2 kali,”ujar Eko.

Yang ke-2 ini sebagai Busternya. Nah untuk hari ini itu peserta,seperti yang kita sampaikan di program yang pertama itu ada sekitar 5000 orang. Cuma untuk yang hari ini ,adalah gelombang yang pertama. Untuk yang dosis ke -2 ini kita bagi hanya jadi 2 gelombang saja.

“Masing -masing 2500 hari pertama tanggal 14 September 2021 ini, dan hari ke -2 yaitu gelombang yang ke 2 ada 2500 itu pada tanggal 16 hari Kamis,”jelasnya.

Adanya vaksin ini yang ke -2 , maka semua mahasiswa  kami yang ikut dalam program vaksinasi ini kan , kalau sudah vaksin yang ke -2 kan sudah di anggap aman. Aman dalam arti mereka sudah memiliki kekebalan yang baik, sehingga di harapkan tidak akan terkena virus Corona dan juga tidak akan menularkan virus Corona seperti itu namun tetap menerapkan prokes.

Sebenarnya untuk perkuliahan semester genap ini kita sudah rancang untuk pertemuan tatap muka terbatas. Artinya kita akan melaksanakan tatap muka cuma pertemuannya kita bagi. Ada yang hadir secara online , ada yang hadir secara offline,artinya itu istilah nya itu Mlendid.

Artinya juga ada sinkronitutnya bahwa mahasiswa yang hadir di kelas akan ada rekaman life yang akan bisa di ikuti oleh peserta atau mahasiswa yang secara online ikut.

Harapan dari UMSIDA sendiri untuk yang sudah melakukan vaksin yang ke -2 dan berharap kekebalan tubuh(herd Immunity)itu ada.

Ditanya kapan rencana wacana kuliah tatap muka,Eko menjelaskan, Kuliah semester ganjil ini kita sudah PTM cuma terbatas.Tanggal 27 September 2021 ini kita mulai bahwa nanti forum ta’aruf Mahasiswa atau di tempat lain itu BKKMB atau dulu  istilahnya ospek kita buka dalam bentuk Blendit .

Masih kata Eko ,jadi memang kita sangat berharap kepada pemerintah terutama di Dinas Kesehatan untuk bisa terus menggenjot program vaksinasi di lingkungan Pendidikan,tidak hanya di industri saja tapi juga di pendidikan.

“Pendidikan ini sangat membutuhkan sentuhan,ya tatap muka antara guru dan murid nya , antara Dosen dengan Mahasiswa nya,”terang Eko.

Sementara itu Elisa (21)salah satu mahasiswi UMSIDA semester 7 jurusan Bahasa Inggris mengatakan,”Kedatangan kali ini untuk mengikuti vaksin dosis ke 2 yang sebelumnya untuk dosis 1 dilakukan disini juga.Dari pada vaksin yang pertama vaksin kedua kali ini lebih tidak terasa apa-apa.Buat teman-teman semua yang belum vaksin segera mengikuti vaksin tidak perlu takut karena untuk menjaga kesehatan juga.”katanya.

Ditempat yang sama Dian selaku Kasi Humas UMSIDA menambahkan, Sebenarnya tidak hanya tahap 2 tetapi dimulai pada tahap 1 kemaren itu kegiatan vaksin ini tidak hanya dikuti oleh mahasiswa saja.Jadi kalau mahasiswa kita itu tidak hanya dari sidoarjo saja tetapi dari luar kota dan luar pulau.Jadi banyak juga mereka yang sudah ikut vaksinasi di daerahnya masing-masing.Nah kalau yang di UMSIDA yang diutamakan untuk Dosen dan mahasiswa UMSIDA,kalau karyawan kan sudah selesai semua di tahap- tahap sebelumnya.

“Nah yang kemarin tahap satu sama yang sekarang tahap dua ,itu untuk mahasiswa UMSIDA tentunya tidak jauh-jauh dan mereka yang tinggal di Sidoarjo.Terus Dosen ,karyawan beserta keluarganya kemudian warga yang ada diwilayah Sidoarjo,tentunya dibuktikan dengan KTP yang domisili Sidoarjo,” ujar Dian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *