Proyek Pemasangan Bronjong Di Bantaran Sungai Citarum Tanpa Papan Proyek

Oleh : Asep Sukmana

KARAWANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Proyek pemasangan bronjong dari  BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum  diwilayah Bantaran Sungai Citarum, Dusun Tenjojaya Rt 02 Rw 01 Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang yang dilaksanakan sejak bulan Februari 2022 tidak terlihat, adanya pemasangan Papan Proyek pembangunan sampai saat ini.

Seorang pekerja yang mengaku bernama Heru beralamat di Kecamatan Pebayuran, Bekasi saat dikonfirmasi oleh tim Amunisi pada hari Senin (21/03/22) menerangkan, “pekerjaan ini mulai dikerjakan dari bulan Februari 2022, memang tidak ada pemasangan Papan Proyek.” Katanya.

Syahjan, warga Telukbuyung ketika ditemui tim Amunisi saat berada dilokasi pemasangan bronjong pada hari yang sama mengatakan, “pekerjaan pemasangan bronjong seharusnya ada papan proyek, karena ini menggunakan anggaran negara, sehingga masyarakat dan publik mengetahui informasi yang tercantum di papan proyek tersebut,” tegas Syahjan.

Syahjan juga menambahkan, “untuk pekerjaan ini seharusnya Bronjong ditambah dua tingkat lagi, sehingga dapat menahan tanah, karena khawatirkan jika ada hujan maka tanahnya akan longsor lagi,” tambah Syahjan.

Sementara, keesokan harinya, Selasa (22/03/22) ketoka tim Amunisi menemui salah satu warga bernama S. Maulana yang rumahnya dekat lokasi pemasangan Bronjong tersebut menjelaskan, “pelaksanaannya ini, mulai dikerjakan sekitar bulan Februari 2022, pekerjaannya baik tapi belum maksimal, seharusnya pemasangan bronjong sama tingginya dengan jalan coran, karena disini bukan tanggul tapi merupakan bantaran dan pekerjaan bronjong ini sekitar 60 meter panjangnya,” terang Maulana.

S. Maulana juga menyampaikan, “harapan warga, tancapan bambu (Curukcuk) seharusnya diurug untuk menahan bronjong juga, dengan pemasangan bronjong seperti sekarang ini, khawatir akan longsor lagi kalau ada turun hujan, karena jarak antara jalan dengan bronjong masih tinggi,” pungkas Maulana.

Pos terkait