Pungli Oknum BPN, Cek Sertipikat Percepat Penyelesaian

  • Whatsapp
oknum bpn pungli= jatim
Dian memperlihatkan serifikat

SIDOARJO,AMUNISI – Sudah begitu banyak pejabat maupun pegawai dari dinas maupun pemerintahan desa yang ada di  kabupaten Sidoarjo yang tersandung masalah pungli dan korupsi bahkan berujung penahanan.Namun hal ini masih saja terjadi dugaan pungli.Diduga oknum Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Sidoarjo kong kalikong dengan biro jasa.Tidak menutup kemungkinan dugaan pungli dilakukan oknum BPN kepada notaris guna mempermudah jalannya pengurusan balik nama sertipikat WP (Wajib Pajak) atau kliennya.

Hal ini dialami Dian (33), saat pengurusan balik nama rumah yang dibeli. “Awalnya saya menanyakan ke beberapa notaris.Rata-rata oleh notaris dikenakan biaya RP.3.500.000 – RP.4.000.000 satu paket dengan AJB (Akta Jual Beli).Kalau hanya AJB saja tidak bisa,alasannya biaya tersebut juga nantinya ada yang diperuntukan orang dalam BPN,disaat verifikasi (ceking)sertipikat itu asli atau tidak kebenarannya,” ujar Dian Kamis (20/4) sembari meminta wartawan tidak menyebutkan keseluruh notaris yang didatanginya.

Sementara Linda Nainggolan, SH Pejabat Penyampaian Informasi dan Dokumentasi (PPID)didampingi Hilman salah satu staf nya(BPN) Sidoarjo, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan,itu tidak benar,di BPN sudah Nol (Zero) dari pungli. “Sekarang itu lihat saja di tamu saja sudah tidak bisa masuk,kalau PPAT itu menarik untuk orang BPN,kalau saya untuk menindak lanjuti itu tidak bisa.Dari tim saber pungli pusat itu sudah turun.Memang kalau untuk dia(Notaris)menarik ke pemohon mengatakan untuk BPN,” ujar Linda.

Menurut pantauan di lapangan dari kedatangannya ke beberapa notaris yang ada di Sidoarjo,dari penarikan biaya balik nama bervariatif,ada yang RP.3.500.000 – RP 4.000.000.Dan itu pun rata-rata mereka mengatakan ada sebagian dana untuk orang dalam BPN terkait biaya cek sertipikat yang seharusnya resminya RP.50 ribu rupiah.”Namun oknum BPN menerima sekitar RP.500 ribu rupiah untuk mempercepat selesainya,hanya sehari selesai ,dan sebulan dua minggu sertipikat sudah berubah nama(sudah jadi balik nama),” kata sumber yang dipercaya, sambil mewanti namanya tidak dikorankan.

Linda menambahkan, BPN sudah berubah.”Makanya coba saya diberi tahu siapa oknum BPN itu.Kalau di kita sudah-sudah Zero,” berulang Linda mengelak tentang dugaan pungli di BPN.

Dan Linda mengatakan biaya pengecekan resminya RP.50 ribu. “Dan notaris di Sidoarjo itu 200,” terang Linda.

Linda dan staf BPN Hilman membenarkan dimana-mana pungli benar masih ada kalau biro jasa masih ada pungkasnya,kalau di BPN ada oknum demi perbaikan layanan kita kritik itu boleh pungkasnya

,’’Kalau tahu dan ada di BPN ya tolong kita itu dikonfirmasi atau di hubungi saya, ini lo ada pungli di BPN dengan menunjukan rekaman video atau lainnya,’’pungkasnya. (wan/tam)

Pos terkait