Rapat Koordinasi Pembinaan dan Evaluasi Pemerintah Desa

  • Whatsapp

 

NATUNA,AMUNISINEWS.COM: Bupati Natuna Drs. H. A. Hamid Rizal, M. Si membuka acara Rapat Koordinasi Pembinaan dan Evaluasi Pemrintah Desa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Ranai Senin (31/07) pagi.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Peranhkat Daerah, Camat, lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Natuna. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Natuna menyampaikan bahwa untuk pemerataan pembangunan serta dalam upaya percepatan program kerja disegala bidang, pemerintah daerah telahpun menetapkan agar pembenahan infrastruktur dasar harus dimulai dari tingkat desa.

Hal tersebut diwujudkan melalui besarny perhatian pemerintah dengan Alokasi Dana Desa yang dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Desa. Namun harus menjadi perhatian bersama bahwa pengelokaan dana tersebut harus selalu d dasari petunjuk teknis peruntukan anggaran, agar tepat guna dan sesuai prioritas yang ada d desa. Hal ini menjadi penting terutama sorotan lembaga penegakkan hukum selalu diarahkan pada upaya pencegahan pelanggaran hukum terkait pengelolaan dana desa tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Indra Jhoni,S.Sos menyampaikan bahwa untuk mencehah terjadinya pelanggaran hukum, seluruh perangkat desa harus mampu memahami berbagai regulasi terkait pengelolaan dan penyerapan anggaran yang ada sehingga lebih terarah.

Permasalahan administrasi paling sering terjadi, hal ini dikarnakan pemahaman terhadap regulasi yang tidak bersifat menyeluruh. Oleh karnanya perangkat desa diharapkan dapat lebih aktif untuk membangun koordinasi dengan pemerintah kecamatan maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan secara simbokis CD berisikan petunjuk pengelolaan keuangan desa dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah desa dalam menerapkan sistem administarsi dan teknis pengelolaan anggaran desa. (jamilus)

Pos terkait